Disiapkan Dua Jenis Soal USBN PAI

PURWOKERTO-Selain mata pelajaran (mapel) umum, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) juga akan diujikan dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun ini. Bahkan, Kementerian Agama (Kemenag) telah menyiapkan dua jenis naskah soal untuk mata pelajaran tersebut.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Banyumas Imam Hidayat melalui Kasi Pendidikan Agama Islam (PAIS), Purwanto Hendro Puspito, kemarin, mengatakan, saat ini ada dua jenis kurikulum yang dipakai oleh sekolah, yakni Kurikulum 2013 (K- 13) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Ada sebagian sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013, tetapi ada pula yang masih menggunakan KTSP.

Lantaran ada dua jenis kurikulum yang digunakan, maka naskah soal ujian PAI yang disiapkan juga ada dua jenis, yakni naskah soal yang mengacu Kurikulum 2013 dan naskah soal yang mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

”Jadi, materi di dalam naskah soal yang akan diujikan bukan merupakan irisan dari kedua kurikulum tersebut, melainkan masing-masing akan dibuatkan naskah soal tersendiri,” jelas dia.

Ada Perbedaan

Sekolah yang menerapkan K-13, lanjut dia, naskah soal ujiannya menggunakan materi K-13. Demikian pula sekolah yang masih menerapkan Kurikulum KTSP, maka naskah soalnya juga menggunakan materi kurikulum tersebut. Ada perbedaan dalam naskah soal mapel PAI antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum TSP.

”Kalau yang Kurikulum 2013, selain materi tentang PAI, ada pula materi tentang budi pekerti. Tetapi kalau yang KTSP, seluruh materinya tentang PAI,” tambah dia. Jenjang SMA/SMK di Kabupaten Banyumas seluruhnya sudah menerapkan K-13. Adapun untuk jenjang SMP dan SD sebagian besar sudah menerapkan kurikulum yang menekankan pada penanaman pendidikan karakter tersebut, namun ada pula yang belum.

Hendro mengatakan, kisi-kisi naskah soal yang akan diujikan dalam USBN seluruhnya dari Kemenag Pusat. Adapun komposisinya 25 persen dibuat oleh Kemenag Pusat dan sisanya 75 persen dibuat oleh tim dari Kanwil Kemenag Provinsi. ”Sesuai jadwal, pelaksanaan USBN mapel PAI untuk jenjang SMA/SMK sudah dilaksanakan pada 19 Maret lalu, jenjang SMP pada 16 April, dan SD pada 11 Mei mendatang,” tandasnya.(sm/bd)