H. fajarin mmeberiakan Tauziyah di PD. Aisyiyah Brebes

Diskripsi Keluarga Sakinah di Acara Pengajian PD. Aisyiyah Brebes

Brebes, Drs.H. Fajarin, M. Pd. Selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes,  memberikan tauziyah pada Pengajian Pimpinan yang  di selenggarakan oleh  Pimpinan Daerah (PD) Aisyiyah Brebes dalam rangka menyambut tahun bari Hijryah 1443H dengan tema “Dengan Semangat Hijriyah Memperkuat Ketahanan Keluarga Sakinah Perempuan Berkemajuan”  di Aula Aula Gedung  Dakwah Muhamadiyah kabupaten Brebes Brebes, Jumat, 10/09/2021 dihadiri 30 orang pengurus PD. Aisyiyah dan pengurus ranting se-kabupaten Brebes.

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Enok  Uripah selaku Ketua PD. Aisyiyah Brebes dalam sambutanya menjelaskan bahwa pengajian ini merupakan rangkaian peringatan 1 Muharram 1443 dan sekaligus  sarana pembinaan pengurus Aisyiyah Se-Kabupaten Brebes dalam berorganasisasi dan memotivasi serta mengingatkan kembali pentingnya keluarga sakinah dalam kehidupan sehari-hari bagi anggota dan pengurus.

Fajarin dalam ceramahnya menjelaskan “Empat pilar dalam rangka menjaga keutuhan keluarga menjadi  keluarga sakinah mawadah warahmah, yaitu 1. Zawaj  yaitu berpasangan. Suami dan istri sama-sama meyakini bahwa dalam perkawinan keduanya adalah berpasangan. 2. Mitsaqan Ghalizhan yaitu janji yang kokoh. 3. Mu’asyaroh bil-Ma’ruf yaitu antara keduanya baik suami maupun istri harus memperlakukan, mempergauli, menjaga dan merawat pasangannya secara  ma’ruf atau baik 4. Musyawarah yaitu pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan atas penyelesaian masalah.

“Sebagai filosofi keluarga Islami adalah Keluarga adalah tempat mengadukan segala persoalan untuk memecahkan problema keluarga dan kehidupan Keluarga adalah tempat mencurahkan kasih sayang sekaligus tempat mereguk kasih sayang. Keluarga adalah tempat bermusyawarah dan curhat dari himpitan jiwa. Shalat berjamaah dan membaca Al-Quran adalah hiasan terindah dalam rumah tangga,” jelas Fajarin.

Tauziyah terakhir yang disampaikan oleh Fajarin dapat disimpulkan mengenai  Ciri-ciri keluarga sakinah, Cara membina kasih sayang dan bagaimana menumbuhkan keharmonisan. Dengan hal tersebut PD. Aisyiyah Kab. Brebes diharapkan dapat membina anggota dan mengajak masyarakat senantiasa menjaga keluarga dan membina keluarga agar semakin banyak terciptanya masyarakat yang sakinah mawadah warahmah khususnya di kabupaten Brebes dan masyarakat Indonesia pada umumnya, karena dengan keluarga yang tangguh menjadikan negara ini kuat.  Acara Pengajian Pimpinan di akhir dengan foto bersama.(Hid/Sua).