Diwacanakan, Pembentukan UPZ Masjid /Musala

Rembang – Kemenag Rembang berencana menyosialisasikan pembentukan Unit Pengumpul Zakat Masjid/Musala. Rencana ini untuk mendukung upaya pemerintah Kabupaten Rembang dalam program Gerakan Masyarakat Sadar Zakat yang saat ini tengah diserukan.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah saat mengisi acara pentasarufan zakat oleh Baznas Rembang bersama UPZ Kemenag Rembang, Selasa (19/2/2019) di Masjid Agung Rembang.

Atho’illah mengatakan, pembentukan UPZ ini sesuai dengan UU nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Dalam UU ini, disebutkan Baznas Kabupaten /Kota dapat membentuk UPZ pada instansi pemerintah, badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, perusahaan swasta, dan perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta dapat membentuk UPZ pada tingkat kecamatan, kelurahan atau nama lainnya, dan tempat lainnya.

“Masjid/Musala di sini termasuk kategori tempat lainnya,” kata Atho’illah.

Untuk itu, pihaknya berencana akan berkomunikasi dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Rembang. Diutamakan, UPZ akan dibentuk pada masjid besar yang ada di Kecamatan.

Sementara Ketua Baznas Kabupaten Rembang, Abdul Wahid Hasby mendukung penuh upaya Kemenag untuk mendorong masjid/musala membentuk UPZ. Menurutnya, penyelenggaraan UPZ Masjid/Musala adalah sebagai upaya membangun kesadaran masyarakat untuk berzakat.

Sebagaimana dinyatakan sebelumnya, kesadaran masyarakat untuk berzakat, utamanya melalui Baznas belum terlalu bergairah. “Zakat adalah wajib. Tapi masyarakat malah lebih cenderung berinfaq,” ujarnya.

Pihaknya berupaya akan menggenjot pendapatan Baznas dengan berbagai pendekatan kepada masyarakat. Upaya ini antara lain bekerja sama dengan pemerintah daerah dan media massa. “Kami telah bekerjasama dengan Pemda membuat program Gerakan Masyarakat Sadar Zakat . Sudah dipasang balihonya,” kata Hasby.

Pada 2018, penghimpunan dana Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS) Baznas Kabupaten Rembang mencapai sekitar Rp 2,5 miliar. Tahun ini, Baznas Rembang menargetkan perolehan sebesar Rp 5 miliar.– iq/Wul