Doa Bersama untuk Kesuksesan Pilgub

Salatiga – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga menyelenggarakan doa bersama demi suksesnya Pilkada serentak di 171 daerah se Indonesia, termasuk di Jateng, di Aula KPU  Kota Salatiga, Sabtu (23/06).

Tampak hadir Walikota Salatiga Yuliyanto. Kapolres Salatiga, AKBP Yimmi Kurniawan SIK MH MIK, Pasi Pers Kodim 0714/Sltg Kapten Inf Joko Sukarwan, Perwakilan Kejaksaan Negeri Kota Salatiga diwakili Nizar, Kepala Kantor Kemenag Kota Salatiga Fahrudin, Sekda Kota Salatiga Fakruroji, Ketua KPU Salatiga Putnawati, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Salatiga. Perwakilan OPD Pemkot Salatiga, Ketua PPK dan KPPS kota Salatiga serta masyarakat.

Walikota Salatiga, Yuliyanto saat memberikan sambutan doa bersama menyampaikan bahwa masyarakat dihimbau untuk tidak terpecah belah hanya karena beda pilihan Pilkada. Sebab, Pilkada sifatnya sementara, sedangkan hidup bermasyarakat itu selamanya.

“Silahkan masyarakat berbondong-bondong ke TPS untuk mencoblos. Pilih calon sesuai hati nurani tanpa paksaan dari pihak manapun. Jangan sampai terpecah belah dalam masyarakat hanya karena beda pilihan. Tetap harus bersatu menjaga kondusitivitas kota Salatiga,” pesan Yulianto.

Kami berharap masyarakat datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya dalam Pilgub pada Rabu (27/6). Tidak harus membawa KTP Elektronik, masyarakat bisa membawa form C6 dan harus terdaftar dalam DPT di TPS setempat sebagai syarat mencoblos, lanjut Yuliayanto.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkot itu menambahkan, Salatiga yang mendapatkan predikat kota paling toleran harus di jaga bersama-sama. Ia mengapresiasi semua tokoh agama, tokoh masyarakat. TNI, Polri yang selama ini bisa menciptakan suasana kondusif itu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan doa bersama yang disampaikan secara bergantian dari para tokoh lintas agama berharap agar Pilgub Jateng Tahun 2018 dapat berjalan dengan aman, lancar, jujur dan adil. Kemudian dilanjutkan Pemotongan tumpeng oleh Jajaran Forkompinda Kota Salatiga.

Kegiatan diakhiri dengan tausiyah oleh Kepala Kemenag Kota Salatiga, Fahrudin yang intinya  menyampaikan pentingnya menjalin silaturraahmi antar umat beragama di kota Salatiga guna mewujudkan Pilgub dan Wagub Jateng 2018 yang bersih dan transparan.

“Semoga pelaksanaan Pilgub Jateng tahun 2018 dapat terlaksana dengan sukses, aman, lancar dan berharap dukungan dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat  yang ada di Kota Salatiga, guna terciptanya Kota Salatiga yang aman tentram dan damai dalam pemilukada serentak hendaklah masyarakat mengedepankan toleransi dan mau menerima adanya perbedaan pilihan. serta menghimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub Jateng 2018 dengan tetap menjaga kerukunan dan persaudaraan, tidak ada gesekan sehingga tercipta situasi Kota Salatiga yang aman dan kondusif,” harap Fahrudin. (KK-Mnc/gt)