Donor Darah Mempunyai Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Temanggung – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menggelar aksi donor darah yang sudah berjalan secara rutin setiap tiga bulan sekali, pada hari Jum’at (27/7).  Bertempat di Lobi Kementerian Agma Kabupaten Temanggung bekerjasama dengan PMI Kabupaten Temanggung.

Yusuf Purwanto selaku koordinator donor darah Kantor Kementerian Agama mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan ASN Kementerian Agama Kabupaten Temanggung kepada sesama umat. Dari aksi ini diharapkan setitik darah yang didapatkan dari para pendonor dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain.

Ditegaskannya kembali, tujuan utama aksi donor darah adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, utamanya keluarga besar Kementerian Agama akan pentingnya melakukan donor darah, serta membantu Palang Merah Indonesia untuk mendapatkan lebih banyak stok darah. Selain itu, untuk mendorong gaya hidup sehat, bahwa mendonorkan darah secara teratur itu penting karena membuat orang menjadi lebih sehat.

“Ketika kita mendonorkan darah, kita tidak pernah tahu siapa yang akan menggunakannya. Disitulah letak solidaritas sosial, dimana kita peduli dan berkontribusi untuk seseorang tanpa mengenalnya terlebih dulu, tanpa balas jasa atau mengharapkan imbalan dari orang yang menerima donor darah kita,” kata Yusuf.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Drs. H. Saefudin mengapresiasi pelaksanaan kegiatan aksi donor darah ini, sebab dengan menyumbang setetes darah, maka kita berpartisipasi dalam menyembuhkan dan memberi harapan hidup bagi umat manusia dan saudara kita yang lain.

“Kegiatan donor darah ini, adalah kegiatan yang benar-benar positif, riil, dan sangat dibutuhkan sekali oleh warga yang saat ini terbaring sakit dibeberapa rumah sakit. Disamping itu, kegiatan donor darah ini merupakan bukti nyata bahwa Kementerian Agama sangat memberikan perhatian yang serius terhadap kebutuhan nyata warga masyarakat terkait minimnya persediaan darah di hampir semua rumah sakit,” menurut Saefudin.

Lebih lanjut Saefudin menyampaikan, “Selain dapat membantu mereka yang membutuhkan darah, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Donor dapat menjaga sirkulasi darah, sekaligus mengetahui tekanan darah yang normal dan tidak normal. Selain itu, donor darah juga dapat menurunkan risiko terkena serangan stroke, membantu deteksi masalah kesehatan, memperbaiki fungsi hati, mendapatkan kesehatan psikologis, dan mengetahui karakteristik darah seseorang,” pungkasnya.(sr/sua)