Drama Kolosal Meriahkan Upacara Peringatan HUT ke-72

Grobogan – Dalam rangka menyemarakkan HUT ke-72 Kemerdekaan RI, sebanyak 125 siswa MAN Purwodadi dan 15 anggota Kodim 0717 menggelar drama kolosal yang mengangkat kisah perjuangan dalam mengusir penjajah, Kamis (17/08).

Acara yang digelar sebelum upacara bendera di Alun-Alun Purwodadi itu berlangsung meriah serta memukau Bupati Grobogan dan tamu undangan, yang menjadi hiburan peserta upacara serta warga sekitar.

Drama kolosal mengangkat kisah perjuangan pahlawan wanita Nyi Ageng Serang saat bahu-membahu bersama masyarakat mengusir penjajah Belanda. Beberapa adegan pertempuran diperagakan dalam drama tari kolosal.

Bupati Grobogan Sri Sumarni menyatakan senang dan mengapresiasikan adanya pertunjukkan drama kolosal tersebut. Kebetulan, sosok yang diangkat dalam tema tersebut merupakan pahlawan kelahiran Purwodadi, Grobogan. Yakni, Nyi Ageng Serang yang bernama asli Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi.

”Saya berharap lewat drama itu masyarakat dapat meneladani pengorbanan dan perjuangan pahlawan bangsa tersebut. Caranya, dengan terus berjuang dengan gigih dalam mewujudkan cita-cita bangsa,” kata Sri Sumarni yang bertindak jadi irup dalam upacara tersebut.

Kepala MAN Purwodadi Suhamto, mengucapkan selamat dan apresiasi tinggi kepada para pemain yang diperankan oleh siswa-siswa MAN Purwodadi dan tim pengarah yang juga guru MAN Purwodadi.

“Selamat dan sukses bagi para pembina dan anak-anakku, penampilan kalian luar biasa dan memukau pemirsa,“ Kata Suhamto.

Apresiasi tinggi yang diberikan Kepala Madrasah bukan tanpa alasannya, sebab tim pengarah dan kreatif menyiapkan pertunjukan ini tidak lebih dari dua minggu, serta para pemain insentif latihan hanya satu minggu.

Lebih lanjut, Suhamto juga menyampaikan terima kasih kepada panitia khususnya Kodim 0717 Purwodadi atas kepercayaannya untuk melakonkan sejarah Nyi Ageng Serang dalam bentuk drama kolosal, apalagi pertunjukan ini di gelar sesaat sebelum upacara detik detik proklamasi 17 Agustus tingkat Kabupaten Grobogan di alun alun Purwodadi.

“Kami sampaikan terima kasih kepada panitia, khusus kepada Dandim  0717 Purwodadi atas kepercayaannya kepada kami melakonkan sejarah Nyi Ageng Serang ini,” pungkasnya. (mh-bd/gt)