Dua Calon Haji Temanggung Bergabung Kloter Sapu Jagad

Temanggung Sebanyak 2  jamaah haji Kabupaten Temanggung yang tergabung dalam kloter 95 atau kloter terakhir, Jum’at (25/8/2017) diberangkatkan dari depan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung setempat  pukul 06.00 WIB dan nantinya akan diberangkatkan dalam  Kloter sapu jagad.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, MA Widagdo mengatakan, kedua jamaah tersebut merupakan pasangan suami istri yang masuk calon jamaah kuota cadangan. Mereka bernama Slamet Djunaedi dan Lina Budiarti, warga Puri Kencana Manding, Temanggung.

“Karena masih tersisa kursi, maka Kabupaten Temanggung mendapat jatah dua orang yang bisa berangkat haji tahun ini,” kata Widagdo.

Kloter 95, kata Widagdo, merupakan gabungan dari jamaah calon haji dari Kabupaten Jepara sebanyak 292 jamaah, kabupaten Temanggung 2 jamaah, Kabupaten Klaten 2 orang, Kabupaten Banjarnegara 2 jamaah dan DIY  2 jamaah.  “ Iya, ini memang yang masuk cadangan dan beliau dapat panggilan dan siap berangkat pada tahun ini dan  telah melakukan pelunasan,” ujarnya.

Dengan telah diberangkatkannya dua calon jamaah haji terakhir itu, maka seluruh jamaah calon haji asal Kabupaten Temanggung telah berada di tanah suci.

“Berbeda dengan dengan gelombang pertama yang langsung mendarat di Madinah. Nah ini dibalik, mendarat di Jeddah dan pulangnya langsung dari Madinah,” ungkapnya.

Dia menambahkan, saat ini kondisi jamaah calon haji yang sudah ada di tanah suci dalam keadaan sehat. Mereka baru akan berangkat ke Arafah untuk menjalankan wukuf pada Senin (28/8) untuk menjalankan wukuf pada Kamis (30/8).

Untuk diketahui, calon jamaah haji asal Kabupaten Temanggung pada musim haji 2017 ini mencapai 566 orang. Mereka diberangkat dengan 4  kloter, yakni kloter 14 sejumlah 337 jamaah, 61 sejumlah 96 jamaah , kloter 62 sejumlah 131 dan kloter 95 2 orang jamaah.

Kloter 14 dengan jumlah jamaah 337 orang, merupakan kloter utuh jamaah asal Kabupaten Temanggung. Kloter ini diberangkatkan dari halaman Pendopo Pengayoman menuju Embarkasi Donohudan Boyolali, pada 31 Juli 2017, kloter 61 dan 62 tanggal 15 Agustus 2017 dan kloter 95 tanggal 25 Agustus 2017.(sr/Af)