Dua Siswa MAN Cilacap Terpilih Peserta Gada Bercahaya

Cilacap – Bayu Safura dan Dhiny Avilya, dua  siswa MAN Cilacap terpilih sebagai peserta kegiatan Gelar Anak Daerah Bercahaya (Gada Bercahaya) angkatan ke 26, yang berlangsung dari Selasa hingga Jumat (15-18 /8 ).

Gada Bercahaya diikuti oleh 144 peserta yang terdiri dari siswa-siswi berprestasi dari tingkat SD hingga SMA yang merupakan perwakilan dari 24 Kecamatan se Kabupaten Cilacap.

Kegiatan Gada Bercahaya, bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada para siswa teladan di Kabupaten Cilacap, menambah kesadaran dan wawasan tentang perkembangan daerah, sehingga pada gilirannya akan menumbuhkan rasa memiliki Kabupaten Cilacap. Sekaligus sebagai implementasi kebijakan Bangga Mbangun Desa khususnya pilar pendidikan.

Kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh para peserta Gada antara lain, ceramah agama, Ceramah kekerasan terhadap anak dan perempuan, ramah tamah dengan jajaran Muspida, ceramah narkoba, kunjungan ke beberapa perusahaan besar di Cilacap seperti PT. Pertamina, Holcim dan PLTU. Puncak acara dari peserta Gada Bercahaya adalah mengikuti peringatan detik-detik Proklamasi di alun-alun Cilacap dan Resepsi HUT ke 72 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Cilacap.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji ketika beramah tamah bersama peserta Gada Bercahaya menyampaikan bahwa masa depan Kabupaten Cilacap dan bangsa Indonesia pada umumnya adalah berada dipundak anak anak sekarang. Untuk itu diharapkan terus meningkatkan prestasi, guna menjadi generasi penerus yang akan membangun dan memajukan Kabupaten Cilacap menuju pada terciptanya Kabupaten Cilacap yang sejahtera secara merata.

Sebelumnya Dhiny Avilya sukses mewakili Indonesia di ajang International Exhibition For Young Inventers (IEYI) di Nagoya Jepang. Di ajang tersebut dia mendapatkan special award dari negara Taiwan atas penelitian tentang  SMARTSMOFI. Smartmofi merupakan alat smoke filter (penyaring polusi dalam udara) dengan cara saringan udara basah.

Sementara Bayu Sapura juga sukses meraih medali emas pada cabang tenis meja Ajang Kompetisi Sain dan Olah Raga Madrasah (Aksioma) Tingkat Jawa Tengah di Donohudan Boyolali.  Dia juga mewakili Jawa Tengah pada even yang sama di tingkat Nasional di Yogyakarta. (mp/bd)