Dua Siswa MTs Muhammadiyah Kecepit Sabet Medali Perak Ajang RESCO Tahun 2021

Banjarnegara – Kabar membanggakan datang dari dua siswa MTs Muhammadiyah Kecepit yang meraih medali perak dalam Ajang RESCO Tingkat Madrasah. Kedua siswa tersebut adalah Oktaviana Fitri Lestari dan Fajri Arifatul Hikmah kelas IX A yang berhasil menjuarai bidang Mapel Al-Quran Hadist dan Bahasa Arab. Ajang tersebut dilaksanakan secara online pada Kamis (28/10) selama dua jam.

Religious Science Competition (RESCO) adalah sebuah ajang berkompetesi pada Mapel Keagamaan yang diselenggarakan Forum Komunikasi MTs Swasta Kabupaten Banjarnegara. Adapun MTs Muhammadiyah kecepit menyumbangkan lima siswanya untuk mengikuti ajang tersebut, diantaranya Yabunaya Isna Maujud dengan Mapel Akidah Akhlak, Asri Agustri dengan Mapel Fikih, Ayu Wulandari dengan Mapel Sejarah Kebudayaan Islam, Oktaviana Fitri Lestari dengan Mapel Bahasa Arab dan Fajri Arifatul Hikmah dengan Mapel Al-Quran Hadist.

Siti Muslihah selaku pembimbing Mapel Bahasa Arab menyampaikan, pemilihan siswa yang mengikuti Kompetesi RESCO dilakukan melalui seleksi nilai akademik.

“Selain melalui nilai akademik, saya juga melihat dari keaktifan siswa di kelas. Karena biasanya nilai yang tinggi tidak menjamin siswa itu pandai. Adapun strategi yang saya lakukan untuk membimbing siswa diantaranya meminta siswa untuk lebih giat belajar, mempelajari kisi-kisi dan mengadakan bimbingan dua kali sehari. Itu merupakan beberapa upaya yang saya lakukan untuk mendapatkan hasil terbaik dari ajang kompetesi RESCO pada Tahun ini,” ungkapnya.

Adanya Kompetesi RESCO juga disambut hangat oleh siswa yang mengikuti ajang tersebut. Salah satu peserta RESCO Oktaviana mengungkapkan ajang ini memberikan banyak manfaat karena dapat mendalami materi, mengulang materi dan memberikan pengalaman baginya.

“Saya sangat senang mengikuti kompetesi RESCO Tahun ini karena selain memberikan manfaat bagi saya, saya juga sangat bersyukur karena mendapatkan peringkat di sepuluh besar. Dengan mendapatkan penghargaan ini dapat dijadikan motivasi bagi saya untuk lebih baik lagi kedepannya,” terangnya.

Harapannya dari Kompetesi RESCO ini yaitu ciri khas madrasah yang notabennya merupakan Pendidikan Agama dapat memperkuat nilai-nilai Agama pada siswanya dan kepercayaan Wali siswa terhadap madrasah semakin besar. (scd/ak/rf)