Dukung Germas, ASN Kemenag Klaten Lakukan Senam

Klaten-Sebagai salah satu bentuk dukungan jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten terhadap berbagai program pemerintah, seluruh jajaran pejabat dan ASN dilingkungan Kemenag Klaten setiap jumat pagi mengadakan senam bersama.

Hal ini disampaikan Kasubbag TU Kemenag Klaten Sudarsana sehabis senam yang diikuti seluruh ASN yang bertempat di halaman Kemenag Klaten, Jumat (6/7).

“Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas ini merupakan salah satu program Nasional yang melibatkan seluruh dinas Instansi diseluruh Indonesia termasuk lembaga Kementerian Agama secara keseluruhan,” tandas Sudarsana.

Oleh sebab itu, lanjut Sudarsana menghimbau dan mengajak kepada seluruh jajaran satker di lingkungan Kemenag Klaten, para Kasi, Kepala KUA dan Kepala Madrasah agar senantiasa mengindahkan dan mendukung penuh program tersebut.

“Senam pagi setiap jumat sudah dilaksanakan di Kemenag Klaten sangat lama, maka kita lestarikan dan budayakan kegiatan yang baik ini, badan dan fikiran akan lebih segar untuk menjalankan tugas pekerjaan,” ucapnya.

Beberapa program Germas tersebut diantaranya, melakukan olahraga rutin minimal 1 kali dalam seminggu, yang kedua tersedianya konsumsi buah dan sayuran dilingkungan kerja masing-masing, yang ketiga melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

“Mengoptimalkan peran UKS dilingkungan Madrasah, menjaga kebersihan lingkunga kerja, dan yang terpenting adalah tidak mengkonsumsi alkohol baik dilingkungan kantor maupun diluar kantor,” kata Sudarsana.

Program inin sangat penting dan harus kita dukung, dan ini sejalan dengan pemerintah daerah Kabupaten Klaten, menyerukan agar mendukung gerakan ini.

Kasubbag TU menambahkan, Germas di Kemenag Klaten adalah sebagai upaya untuk memberdayakan para ASN agar mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesadaran hidup bersih dan sehat di masyarakat.

Bukan hanya menerapkan kehidupan sehat dan bersih bagi diri sendiri namun juga ikut menumbuhkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya hidup sehat, memberikan teladan pada masyarakat untuk hidup sehat.(aj/Wul)