Dukungan Orang Tua Kunci Sukses Putra-Putrinya

Grobogan – Dalam menghadapi ujian akhir madrasah untuk menentukan nilai kelulusan peserta didiknya, MAN Purwodadi mengundang wali murid kelas XII untuk ikut bersama-sama aktif dalam mengawasi dan mendampingi belajar anaknya. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula MAN Purwodadi Rabu (01/03) ini sengaja diselenggarakan karena kesuksesan siswa madrasah tidak hanya ditentukan pihak madrasah tapi juga peran serta orang tua.

Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman serta harapan kepada orang tua wali murid tentang ujian akhir madrasah ini diawali dengan dzikir istighotsah bersama.

Kepala MAN Purwodadi Suhamto menyampaikan bahwa ujian akhir untuk kelas XII ada empat jenis. Diawali dengan ujian madrasah (UM) tanggal 15-18 Maret, ujian akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN), ujian sekolah berstandar nasional (USBN) tanggal 20-25 Maret 03)dan terakhir ujian nasional berbasis komputer (UNBK)  tanggal 10-13 Maret.

Suhamto dalam pengarahannya menyampaikan ucapan terima kasih dan mengajak bersama-sama dengan wali murid untuk mengantarkan putra-putrinya sampai lulus dari MAN Purwodadi.

Kepala madrasah yang sebelumnya guru matematika tersebut mengajak orang tua wali murid untuk prihatin dalam rangka kesuksesan putra-putrinya di madrasah in dengan berbagai cara. “Kami ajak bapak ibu semua untuk prihatin bisa dengan puasa sunnah, sholat tahajud, dzikir setiap ba’da shalat dalam rangka mendo’akan putra-putri bapak ibu agar lulus dari madrasah ini dengan hasil yang memuaskan,” ucap Suhamto.

Sebelum mengakhiri pengarahannya Suhamto berpesan kepada wali murid untuk memantau belajar putra-putrinya. Beliau meminta pada saatnya pengumuman hasil ujian nantinya, anak-anak tidak ada yang corat-coret baju, berkonvoi kendaraan di jalan raya karena tidak mencerminkan akhlak siswa madrasah.

“Dengan waktu yang tidak lama ini sebaiknya gunakan untuk banyak belajar, pesan kami, tolong pantau belajar putra-putri bapak ibu, dan nanti kalau pegumuman kelulusan, tidak corat-coret pakaian, dan tidak berkonvoi kendaraan di jalan raya,” pintanya.

Peserta ijian Kelas XII MAN Purwodadi tahun 2017 berjumlah 427 siswa, dengan rincian Jurusan IPA 212, Jurusan IPS 142, Jurusan Bahasa 40 dan Jurusan Keagamaan 33 siswa. (mh-pr/gt)