Duo Mandaku Bertemu

MAN 2 KUDUS – Tenaga pendidik mulai dari guru, kepala madrasah dan 40 peserta didik dari MAN 2 Kulon Progo melakukan kunjungan pendidikan ke MAN 2 Kudus. Fokus utamanya kunjungan merupakan studi tiru penerapan kedisiplinan dan kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya perihal kegiatan yang dikomandoni oleh OSIS MAN 2 Kudus.3/3'18

Kepala MAN 2 Kulo Progo, Anita mengatakan, MAN 2 Kudus dipilih untuk tempat studi tiru karena menerapkan kegiatan ekstrakurikuler yang inovatif dan mengedepankan take action dalam setiap kegiatannya. Karenanya, mereka ingin melihat langsung aplikasinya langsung kepada peserta didik. Oleh karena itu rombongan tiba di MAN 2 Kudus pukul 06.30 WIB.

"Kami mau melihat pelaksanaan pendidikan dan kondisi kongkritnya yang ada, karena dari sini akan jadi pembanding kami saat kembali ke daerah atau Kulon Progo, apa yang bisa kami ambil dan apa yang bisa kami terapkan," kata Anita kepada Crew JFC MAN 2 Kudus, Sabtu (3/3).

Selain berbincang langsung dengan tenaga-tenaga pendidik dari MAN 2 Kudus, mereka memang melihat langsung proses belajar dan penerapan kegiatan ekstrakurikuler madrasah di bawah komando OSIS MAN 2 Kudus. Serta pengawasan dari MPK MAN 2 Kudus.  

Anita mengungkapkan, melalui kunjungan itu pula tenaga-tenaga pendidik dan peserta didik dari MAN 2 Kulon Progo mempelajari trik-trik yang diterapkan Madrasah Berbasis Riset yang menyenangkan dan nyaman dalam pembelajaran.

Tentunya, trik-trik itu akan diterapkan serta diaplikasikan di MAN 2 Kulon Progo, dengan harapan peserta didik akan memiliki kenyamanan yang sama saat belajar dan mengikuti ekstrakurikuler.

Selain melihat langsung melalui observasi lapangan di MAN 2 Kudus, mereka turut aktif melakukan diskusi dengan Ketua OSIS MAN 2 Kudus, Kaka. Kepala MAN 2 Kudus dan Wakamad. Kesiswaan juga  turut hadir bersama tim Pembina ekstrakurikuler mendampingi kunjungan sekaligus berdiskusi bersama serta memberikan ilmu yang diharapkan. (Shobah-M2K/bd)