Durrotul Muqoffa  ikuti MHQ Internasional di Iran

Rembang – Hafidzoh asal Kecamatan Sedan akan mengikuti perhelatan Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ) tingkat Internasional di Iran.  Momen bergengsi ini bakal berlangsung pada 19 – 27 April mendatang. Cabang lomba yang diikuti adalah tahfidz 30 juz.

Muqoffa akan berangkat bersama tiga peserta lainnya mewakili Indonesia. Muqoffa merupakan satu-satunya peserta perempuan karena tiga peserta lainnya adalah laki-laki.

Saat ini, Muqoffa tengah mempersiapkan diri untuk berangkat ke Iran. Muqoffa mendapatkan pengarahan dari Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko. Muqoffa didampingi oleh Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Farhani berpamitan kepada Plt Gubernur dan mohon doa restu berangkat ke Iran.

Penunjukan Muqoffa untuk melenggang ke ajang MHQ internasional ini merupakan perjalanan yang panjang. Setelah beberapa kali menjuarai MTQ maupun MHQ di tingkat Kabupaten hingga nasional, pada akhir Februari lalu, Muqoffa akhirnya ditunjuk oleh Menteri Agama mewakili Indonesia mengikuti ajang bergengsi ini.

Kepala kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada putri daerah tersebut. Menurut Atho’illah, kesempatan yang didapatkan Muqoffa tak semata-mata karena keberuntungan. “Semua itu melalui perjalanan dan perjuangan yang panjang,” ujar Atho’illah.

Atho’illah meminta kepada semua masyarakat Rembang pada khususnya, dan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya, untuk mendoakan Muqoffa mendapatkan hasil yang terbaik dan bisa mendapatkan kejuaraan untuk dipersembahkan kepada Indonesia.

“Kami bangga, kendati daerah yang relatif kecil, Kabupaten Rembang bisa menunjukkan prestasinya dan memberikan kontribusi yang nyata untuk bangsa Indonesia. Apalagi kontribusi tersebut adalah MHQ, yang sangat menjunjung tinggi Agama Islam dan Indonesia,” ujar Atho’illah. — ss/bd