Duta MAN 1 Pati Rebut Dua Medali KOMBANAS

Duta MAN 1 Pati Rebut Dua Medali KOMBANAS

Pati – Duta MAN 1 Pati berhasil merebut dua medali dalam ajang Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) ke-4 tingkat kabupaten Pati tahun 2021 pada (11/9/2021).

Kegiatan Kompetisi Bahasa Arab Nasional (KOMBANAS) yang diikuti tim bahasa MAN 1 Pati secara virtual ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia dibawah pengawasan bidang Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag RI.

Kompetisi bahasa arab nasional ini diselenggarakan selain sebagai syiar bahasa arab di Indonesia, juga bagian dari upaya untuk mempererat ukhuwah islamiyah-wathaniyah, membentuk rasa percaya diri dengan berbahasa Arab, dan meningkatkan kemampuan pendidik dan peserta didik bahasa Arab di Indonesia.

Melalui Kompetisi Bahasa Arab Nasional ini diharapkan potensi dan bakat pendidik dan peserta didik bahasa Arab di Indonesia dapat dimotivasi dan difasilitasi sehingga berkembang dengan baik dan dapat terus ditingkatkan secara berkelanjutan.

Kepala MAN 1 Pati, Moh. Kodri saat dikonfirmasi pada Selasa (14/9) memberikan keterangan bahwa dalam rangka mewujudkan potensi dan bakat peserta didiknya, team bahasa MAN 1 Pati turut serta mengirimkan perwakilan untuk mengikuti KOMBANAS ke-4 tingkat kabupaten Pati ini.

Menurut Kodri, sebelumnya pihaknya telah melakukan seleksi di madrasah dan kemudian mengirimkan perwakilan untuk ikut di ajang kompetisi tersebut. “Alhamdulillah, kami sangat bangga anak didik kami berprestasi dalam bidang bahasa, kemarin berkali-kali telah menjuarai lomba mapel bahasa Inggris dan minggu ini menjuarai kompetensi bahasa Arab, ini sejalan dengan cita-cita kami untuk menggelorakan Dwi Bahasa oleh team bahasa di madrasah kami terutama kepada para santri boarding school,” tegas Kodri.

Ia berharap prestasi ini menjadi penyemangat untuk memperoleh prestasi-prestasi lainnya. Dalam rangka menunjang serta mewujudkan mimpi tersebut pihak madrasah akan meningkatkan prestasi melalui program – program dwi bahasa (bahasa arab dan Inggris)  sehingga banyak lagi para peserta didik  yang kompeten dalam bahasa sehingga bisa diikutsertakan pada lomba – lomba lainnya.

Berikut raihan prestasi duta MAN 1 Pati pada ajang KOMBANAS ke-4 tingkat kabupaten Pati yakni Fitriya Fika Fadhilah – siswi kelas X IPA-2 (Medali Perak) dan Widatul Awaliyah – siswi kelas XII IPA-2 (Medali Perunggu)

  • (ar/at)