DWP MAN 1 Pati Raih Juara 1 Lomba Menghias Pot jajaran DWP Kemenag Pati

Pati – Dalam rangka memperingati HUT Darma Wanita Persatuan (DWP) ke-22, Hari Ibu dan HAB Kementerian Agama ke-76, DWP Kementerian Agama mengadakan lomba Menghias Pot dan Menanam Bunga atau Buah. Lomba tersebut digelar pada Rabu (17/11) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati dan diikuti oleh 31 satuan kerja.

Dari hasil lomba, MAN 1 Pati ditetapkan sebagai juara 1. Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Ibu Zulfa selaku ketua DWP MAN 1 Pati.

“Alhamdulillah, DWP MAN 1 Pati berhasil meraih prestasi dalam lomba ini. Kami merasa sangat bersyukur, jerih payah dari tim DWP MAN 1 Pati membuahkan hasil.” Ujar Ibu Zulfa.

“Selain itu, kami juga berterimakasih kepada DWP Kemenag karena telah mengadakan lomba ini sebagai wujud kepeduliannya terhadap lingkungan hidup. Perlu kami sampaikan juga bahwa MAN 1 Pati merupakah Madrasah Adiwiyata, sehingga seluruh komponen madrasah, termasuk anggota dharma wanita turut terlibat dalam menyukseskan program tersebut. Aksi nyata yang kami lakukan adalah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan peduli lingkungan, termasuk salah satunya dengan mengikuti lomba ini,” Imbuhnya.

Dalam lomba tersebut, MAN 1 Pati mengirimkan tiga perwakilan, yaitu Ibu Jaja Taojatun, Ibu Eni Susilowati, dan Ibu Eni Nugraheni. Mereka bertiga saling bekerjasama mempersiapkan lomba dengan sangat serius.

“Kami mempersiapkan lomba ini sudah cukup lama, yaitu sejak awal bulan November. Untuk pembuatan desain pot kami dibimbing oleh Bapak Mulyadi selaku guru seni rupa SMPN 5 Pati. Proses pengecatan, penanaman, dan konsep banner kami lakukan sendiri. Semua yang kami lakukan sudah kami pastikan sesuai dengan juknis, sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan,” Jelas Ibu Jaja Taojatun dengan antusias.

“Dalam lomba ini kami mengambil tema Harmoni Flora Fauna. Pemilihan tema tersebut didasarkan filosofi pada Surat Qaf ayat 7 yang menjelaskan bahwa keharmonisan flora fauna akan menimbulkan keindahan. Tanaman yang kami pilih adalah Palem Kipas dengan filosofi bahwa dahan yang lebar dapat memayungi semua, sehingga menjadi lambing perdamaian dan keberuntungan,” Imbuhnya.

Penilaian lomba dilakukan oleh 3 juri yang terdiri atas guru seni rupa, pemerhati tanaman hias, dan pengusaha tanaman hias. Kriteria penilaiannya adalah nilai seni hasil hiasan, keserasian antara pot, tanaman, dan motif hiasan, serta kualitas bahan yang digunakan.

Berdasarkan hasil penjurian MAN 1 Pati memperoleh nilai tertinggi, disusul oleh DWP KUA Kecamatan Tambakromo sebagai juara 2, KUA Kecamatan Margorejo juara 3, KanKemenag Kabupaten Pati juara harapan 1, MAN 2 Pati juara harapan 2, dan MTs. Negeri 2 Pati sebagai juara harapan 3. (ar/at)