Eks Distrik Sidareja Juara Umum KEJURKAB HAB Kemenag ke-69

Cilacap – Dalam rangka memperingatai Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-69 yang jatuh pada 3 Januari 2015, Kantor Kementerian Agama Kab. Cilacap menggelar kejuaraan olah raga antar distrik dan gabungan Satuan Kerja Madrasah Aliyah berserta Madrasah Tsanawiyah, Sabtu(20/12) di Garnish House dan MTs El – Firdause 2 Kec. Kedungreja.

Ketua pelaksana Umar Fatoni dalam sambutannya mengatakan bahwa kejuaraan oleh raga tersebut diikuti oleh delapan kontingen yang terdiri atas kontingen Kankemenag Kab. Cilacap, eks Kotip Cilacap, MAN Cilacap, eks distrik Kroya, MAN Kroya, eks distrik Majenang, MAN Majenang, dan eks distrik Sidareja. Adapun jumlah even yang dipertandingkan yakni Futsal, Bola voly putra dan putri, Bulu tangkis, Tennis meja putra dan putri, serta Catur beregu. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan komitmen, integritas dan kesadaran seluruh aparatur terhadap tugas-tugas yang diembannya. Disamping untuk memberi motivasi untuk meningkatkan prestasi olah raga, juga untuk memupuk kebersamaan, kejujuran dan keikhlasan.

Kakankemenag Kab. Cilacap Mughni Labib dalam sambutannya mengatakan bahwa kejuaraan olah raga berfungsi sebagai penyegaran khususnya bagi pegawai kantor setelah selama delapan hari, Kankemenag Kab. Cilacap diaudit oleh Tim Inspektorat Jenderal Kemenag RI, di mana selama audit tenaga dan fikiran terforsir untuk menunjukan hasil kinerja. Karenanya Mughni Labib menegaskan bahwa setiap aparat harus bermain secara sportif dengan semangat yang tinggi, sehingga bisa tersenyum dan tertawa, dengan harapan terciptanya rasa persaudaraan yang kuat khususnya di intern aparatur menuju kesolidan timwork aparatur Kankemenag Kab. Cilacap. Mughni Labib menambahkan bahwa upacara HAB pada hari Sabtu, 3 Januari 2014 tetap dilaksanakan pada hari itu juga, walaupun bertepatan dengan libur Maulid Nabi Muhammad SAW.

Hasil kejuaraan

Seluruh pertandingan dilaksanakan langsung usai upacara pembukaan pada pukul 08.30 pagi. Sebagian besar pertandingan berlangsung seru dan alot karena kemampuan tiap kontingen sangat berimbang sehingga kegiatan baru bisa berakhir sekitar pukul lima sore.

Tuan rumah eks distrik Sidareja tampil sangat kompak dan kerja sama maksimal sehingga berhasil meraih juara umum setelah menumbangkan lawan-lawannya dengan merebut empat juara pertama untuk cabang bola voly putra, tennis meja putri, catur dan even peling bergengsi yakni futsal. Di posisi runner up bertengger eks distrik Kroya dengan menyabet dua juara pertama untuk cabang bola voly putri dan tennis meja putra serta juara dua tennis meja putri, juara dua catur dan juara tiga futsal.

Menyusul di peringkat ketiga adalah kontingen eks Kotip Cilacap dengan raihan juara pertama untuk cabang bulu tangkis, juara dua tennis meja putra dan juara tiga cabang bola volly putra.

Kepada seluruh pemenang, panitia memberikan hadiah berupa piala tetap dan uang pembinaan serta hadiah hiburan untuk peserta yang mengikuti kegiatan panggung hiburan berupa organ tunggal.(Budiono)