Ekspose Hasil Audit Kinerja oleh Itjen Kemenag RI

Salatiga – Ketua Tim Inspektorat Jendral (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Mahmudah, didampingi tim audit kinerja menyerahkan hasil audit kinerja selama lebih kurang 13 hari di Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga kepada Kepala Kemenag Kota Salatiga, Fahrudin. Acara ekspose hasil audit kinerja yang di tempatkan di aula Kantor Kemenag Kota Salatiga, Jum’at (10/8).

Ekspose dihadiri Kepala Kemenag Fahrudin, Plt. Kasubag TU, Kasi, Penyelenggara, Kepala MTsN serta seluruh ASN. Ketua Tim Audit Kinerja, Mahmudah, menyampaikan tujuan diadakannya audit ini.

”Menilai program kerja, memberikan hasil audit kepada pimpinan, memberikan skor dan memberikan rekomendasi perbaikan. Proses kerja dari Tim Audit Kinerja adalah pemeriksaan dokumen, melakukan konfermasi dan melakukan cek fisik,” jelas Mahmudah.

Adapun metode pengukuran capaian kinerja yang digunakan adalah metode pengukuran kinerja Balanced Scorecard yang terfokus pada empat perspektif, yaitu perspektif stakeholders, perspektif internal proses, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dan perspektif keuangan.

Kepala Kemenag Fahrudin dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Tim Auditor Itjen Kemenag RI, yang telah melakukan audit kinerja secara obyektif sesuai dengan prosedur dan teknis pemeriksaan yang telah ditentukan. Hasil yang dicapai menunjukkan kondisi sebenarnya dari pelaksanaan tugas dan fungsi di Kantor Kemenag Kota Salatiga.

“Semoga audit tersebut, bisa memberikan dampak yang positif untuk kita semua. Mengenai hasil yang telah dicapai dari Audit Kinerja ini, diharapakan akan menjadi motivasi dalam meningkatkan kinerja serta memperbaiki kekurangan yang ada,” ucap Fahrudin menyemangati.

Ditambahkan oleh Fahrudin, bahwa kedatangan tim Audit Kinerja Itjen Kemenag RI salah satunya adalah untuk merubah mindset kita ke depan agar menjadi lebih baik.

“Yang terpenting kita semua sebagai keluarga besar Kementerian Agama mau merubah dan belajar ke arah yang lebih baik. Adanya tertib administrasi dan pengelolaan anggaran,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil penilaian audit kinerja pada Kemenag Kota Salatiga untuk pengelolaan anggaran tahun 2017 mendapat nilai sebesar 80, 746 dengan kategori (Baik/Berhasil). Acara diakhiri dengan foto bersama dan dilanjutkan dengan salam perpisahan antara ketua tim audit dengan semua jajaran Kemenag.(KK/Sua)