Embarkasi Solo Berangkatkan Kloter 1 dari Banjarnegara

Boyolali (inmas) – Suatu kebahagiaan tersendiri dirasakan oleh calon Jemaah haji (CJH) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1 SOC, pasalnya bisa berangkat haji merupakan impian bagi setiap umat Islam, terlebih CJH yang berasal dari Kabupaten Banjarnegara menjadi kloter pertama dalam rangkaian operasional penyelenggaraan haji Embarkasi Solo yang berjumlah 95 kloter.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Farhani menyampaikan, Embarkasi Solo pada musim haji tahun 2017 ini akan memberangkatkan CJH sebanyak 34.112 jemaah tergabung dalam 95 kloter yang terbagi dalam dua gelombang. Gelombang I para Jemaah akan mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Medinah dan Gelombang II akan mendarat di Bandara King Abdul Aziz Internasional Jeddah.

“Pada musim haji 2017 Embarkasi Solo akan memberangkatkan 34.112 jemaah tergabung dalam 95 kloter, dalam proses pemberangkatan akan terbagi dalam dua gelombang, kloter 1 sampai dengan 47 masuk dalam gelombang I dimana jemaah akan mendarat di Medinah, sedangkan gelombang dua mulai dari kloter 48 sampai dengan 95 mendarat di Jeddah,” terang Farhani dalam laporannya pada acara pelepasan calon jemaah haji kloter 1 di Aula Gedung Muzdalifah, Jumat (28/07).

Adapun rincian dari jumlah Jemaah menurut data yang berhasil dihimpun, komposisi petugas sebanyak 475 orang, jemaah dari Jawa Tengah sebanyak 30.479 dan DIY sebanyak 3.158. “Berdasarkan data dari Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah, untuk komposisi calon jemaah haji 90,6% berasal dari Jawa Tengah dan sisanya 9,4% dari DIY,” imbuhnya.

Kepada CJH Farhani menambahkan, “Bapak-Ibu semuanya patut berbangga hati, sebagai Jemaah kloter 1 SOC merupakan kloter yang istimewa, keberangkatan Bapak-Ibu dilepas oleh banyak pejabat, mulai dari DPR RI, KPHI, DPRD Provinsi, Bupati, bahkan Bapaknya Jawa Tengah Pak Ganjar Pranowo berkenan melepas keberangkatan Bapak-Ibu semua, dengan kwistimewaan itu diharapkan proses ibadahnya juga istimewa,” tambahnya.

Terkait pemberangkatan perdana Embarkasi Solo, kloter 1 SOC berdasarkan rencana jumlahnya 360 jemaah, namun pada saat masuk Asrama Haji Donohudan, dilaporkan 1 orang dinyatakan sakit dan tidak sanggup untuk diberangkatkan sehingga jumlah kloter 1 menjadi 359 jemaah.

“Karena dinyatakan sakit di daerah, kloter 1 pada saat masuk asrama berjumlah 354 jemaah, setelah melalui pengecekan kesehatan semuanya dinyatakan  memenuhi syarat untuk diberangkatkan maka kloter 1 yang akan diberangkatkan ditambah dengan 5 petugas semuanya berjumlah 359 jemaah,” pungkasnya.

Embarkasi Solo hari ini Jumat (28/07) akan memberangkatkan 4 kloter yakni : kloter 1 asal Kabupaten Banjarnegara pada pukul 09.15 WIB, kloter 2 asal Kabupaten Purbalingga pada pukul 14.40 WIB, kloter 3 asal Kabupaten Cilacap pada pukul 16.50 WIB dan kloter 4 asal Kabupaten Banyumas pada pukul 21.50 WIB. Untuk jadwal kedatangan masuk asrama berturut-turut kloter 5 dari Kota Pekalongan pada pukul 15.00 WIB, kloter 6 dari Kabupaten Tegal pada pukul 18.00 WIB dan kloter 7 dari Kabupaten Pekalongan pada pukul 21.00 WIB. (gt/gt)