Eratkan Ukhuwah, Rohis MAN 1 Surakarta Gelar MABIT

Surakarta – Dalam rangka menambah keimanan dan ketakwaan serta ukhuwah islamiyah, Seksi Kerohanian Islam (Rohis) MAN 1 Surakarta menggelar acara MABIT ( Malam Bina Iman dan Takwa ) di kampus utama MAN 1 Surakarta, Sabtu-Ahad ( 3 – 4 /3). Acara tahunan yang rutin di adakan ini merupakan program kerja Rohis yang berada dibawah OSIS.

Menurut pembina Rohis, Siti Nurjanah, MABIT merupakan sarana yang positif bagi siswa MAN 1 Surakarta untuk memperdalam pengetahuan agama sekaligus mempererat silaturahmi sesama siswa.

"Saya berharap agar kegiatan ini lebih meneguhkan lagi semangat ukhuwah islamiyah di kalangan siswa sekaligus menjadi sarana untuk memperdalam lagi pengetahuan agama Islam,"papar Nurjanah.

Dikatakan, hal ini penting dilakukan karena perkembangan zaman yang terus maju maka siswa perlu terus dibekali dengan pengetahuan agama. Jangan sampai malah mereka jauh dari agama.Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini mengangkat tema Semalam di Madrasah, Menjalin Ukhuwah dan Dakwah.

Dalam kegiatan ini dihadirkan tiga pembicara yang akan menyampaikan materi sesuai dengan bidang masing-masing. Ketiganya yaitu Ustadz Wasono Nurhadi (MUI Surakarta), Ronendya ( Masjid Agung Surakarta), dan Rusdi Mustapa ( MAN 1 Surakarta ). Selain ketiga pembicara utama juga ada Suharno ( MAN 1 Surakarta) selaku imam sholat tahajjud.

"Kami berharap dengan hadirnya tiga pembicara tersebut bisa menambah keberhasilan mabit," jelas Nurjanah.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Surakarta, Slamet Budiyono mengatakan sangat menyambut baik kegiatan MABIT ini. Kegiatan bernuansa religi seperti MABIT ini merupakan manifestasi dari perintah Allah SWT, yaitu Iqro.

"Pemahaman ajaran Islam mutlak dan wajib harus terus dilakukan. Hal ini sebagai untuk membentengi para siswa dari pengaruh-pengaruh negatif," terang Budiyono.

Budiyono menambahkan, dengan mempelajari dan memahami ajaran agama, diharapkan mereka bisa tumbuh sebagai sosok yang beriman dan bertakwa. Selain itu juga mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. (rma)