ESC MAN 1 Kebumen Study Travel di KWIK

Kebumen – Era globalisasi saat ini, kita tidak bisa terlepas dari bahasa inggris, hal tersebut terlihat dari seringnya kita jumpai istilah-istilah bahasa inggris dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan berbahasa inggris digunakan bukan sebagai ajang adu gengsi, tetapi sudah menjadi kebutuhan sebagian besar orang di Indonesia khususnya. Alasan utama mengapa kita harus belajar bahasa inggris adalah karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Bahasa ini menjadi media komunikasi antar negara, bahkan teknologi terbarupun menggunakan bahasa inggris sebagai pengantarnya. Berdasarkan data saat ini bahasa dengan jumlah pengguna terbanyak adalah bahasa inggris yaitu sekitar 1.13 miliar penutur.

Melihat banyaknya manfaat bahasa inggris dalam kehidupan, Minggu 10 Oktober 2021 ESC MAN 1 Kebumen melaksanakan kegiatan belajar bahasa inggris di KWIK (Kampung Wisata Inggris  Kebumen) yang berlokasi di Komplek TARA (Taman Reptil Adiluhur), Jalan Kaleng KM 7, Desa Adiluhur, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen.  

Kegiatan outdoor diikuti oleh 25 peserta didik kelas XI dan XII MAN 1 Kebumen dengan tetap menjaga protocol kesehatan. Adapun konsep pembelajaran yang digunakan adalah memadukan pembelajaran bahasa inggris dengan konsep “Learning by Traveling, Traveling by Learning”.

ESC Mansa  atau English Study Club MAN 1  adalah salah satu unit Ekstra Kurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kebumen yang melaksanakan bidang pengembangan bahasa dan literasi bahasa Inggris.

ESC MAN 1 Kebumen telah menjalin kerjasama dengan Kampung Wisata Inggris  Kebumen. Sejak tahun 2016. Pada pelaksanaannya ESC MAN 1 Kebumen mengirimkan anggotanya untuk melaksanakan kegiatan outdoor di KWIK sebagai sarana untuk menambah ilmu berbahasa Inggris dan mempraktekkannya.

Elly Samodrati selaku Pembina ESC Mansa menyampaikan, untuk tahun ini ESC Mansa  mengirimkan anggotanya yang berasal dari kelas XI dan XII sejumlah 25 peserta didik, sedangkan untuk anggota baru atau kelas X diagendakan pelaksanannya pada bulan Desember 2021 sebanyak 33 siswa. 

“Peserta merupakan dewan pengurus  dari English Study Club Mansa Kebumen yang  akan melaksanakan program Tutor for Junior yaitu mengadakan pengisian tutor tamu  untuk berlatih memberikan materi  Fun Learning English  kepada peserta didik SMP dan MTs di Kebumen yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler English Club,” jelasnya.

Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan para peserta memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang cukup sebagai bekal mereka memberikan materi  Fun Learning English  kepada anggota ESC Mansa lainnya.(fz/tt)