Evaluasi Haji Hingga Kegiatan Bazda

Tegal – Rapat evaluasi penyelenggaraan haji tahun 2014 M / 1435 H digelar di Aula Kankemenag, Selasa,(4/11). Rapat ini dihadiri seluruh unsur kepanitiaan pelaksanaan haji Kota Tegal. Diantaranya dari Kankemenag, Polresta Kota Tegal, Dinas Kesehatan, Bagsos Pemkot Tegal, dan Satpol PP.

Kakankemenag H. Nuril Anwar, SH. MH selaku Kepala Staf Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kankemenag Kota Tegal menyampaikan paparannya terkait evaluasi penyelenggaraan haji tahun ini. Menurutnya pelaksanaan haji tahun ini berjalan lebih baik dan lancar. Mulai dari pemberangkatan calon jamaah haji, pelaksanaan ibadah di tanah suci hingga kepulangan jamaah haji ke tanah air.

Namun demikian menurutnya perlu untuk selalu ditingkatkan dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam pelaksanaan ibadah haji. Disampaikannya pula, ke depan untuk memperhatikan dan mengikuti segala aturan/kebijakan pemerintah terkait penyelenggaraan haji dalam upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan penyelenggaraan haji.

Tahun ini Kota Tegal memberangkatkan 280 orang yang tergabung dalam Kloter 3 dan 4 SOC Solo. Seluruh jamaah haji tiba di tanah air pada 10 dan 11 Oktober lalu. Dua orang jamaah diantaranya tiba di tanah air dalam kondisi sakit dan memerlukan bantuan medis.

Bazda Beri Santunan Anak Yatim

Sementara itu Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kota Tegal di tempat yang sama, menggelar rapat persiapan akhir jelang pelaksanaan kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim, Rabu (5/11). Menurut rencana kegiatan tersebut akan dilaksanakan Sabtu, 8 November mendatang.

Rapat ini dihadiri pengurus Bazda Kota Tegal dan panitia kegiatan. Rapat ini digelar untuk memastikan kesiapan pelaksanaan kegiatan pemberian santunan anak yatim, sebagaimana yang ditegaskan oleh Khoirul Huda selaku sekretaris umum Bazda Kota Tegal saat memimpin jalannya rapat.

Kegiatan pemberian santunan tersebut rutin dilaksanakan Bazda Kota Tegal setiap tahun. Kali ini akan akan dilangsungkan di Pendopo Ki Gede Sebayu Komplek Balikota Tegal. Pada kesempatan tersebut, santunan akan diberikan kepada 140 anak yatim yang ada di Kota Tegal. Walikota Tegal Hj. Siti Masithoh Suparmo dijadwalkan hadir dan akan menyerahkan secara langsung santunan tersebut.

Persiapan HAB

Perayaan Hari Amal Bakti Kementerian Agama masih 2 bulan lagi. HAB Kemenag yang jatuh pada 3 Januari, seperti biasa akan dirayakan dan disemarakkan dengan berbagai kegiatan, seperti berbagai lomba, jalan santai, tasyakuran hingga upacara bendera oleh segenap keluarga besar Kemenag.

Terkait dengan itu, Kankemenag Kota Tegal telah membentuk susunan kepanitiaan HAB ke-49. Tahun ini kepanitiaan diketuai Hj. Fasikhah, M. MPd, Kepala MTsN Margadana Kota Tegal.

Sebagai persiapan awal panitia mengadakan rapat koordinasi di Aula Kankemenag, Kamis, (06/11). Dihadiri semua panitia, rapat membahas berbagai hal yang perlu segera disiapkan termasuk anggaran yang diperlukan untuk pelaksanaannya.

Dalam rapat tersebut diputuskan besaran anggaran yang dibutuhkan dan berbagai kegiatan yang akan digelar dalam rangka HAB ke-49 Kemenag. Hanya saja penyelenggarakan tahun ini, akan dilakukan penyederhanaan kegiatan, sehingga dari sisi anggaran bisa ditekan dan lebih hemat tanpa mengurangi makna HAB itu sendiri.(lil)