Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013

Temanggung – Salah satu evaluasi dengan adanya penerapan Kurikulum 2013 pada SD, SMP, SMA/SMK, adalah dengan adanya kegiatan Pendampingan Implementasi yang dilakukan oleh Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini dilakukan di seluruh Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah mulai tanggal 29 Agustus sampai 28 September 2018.

Pendampingan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dilaksanakan Kamis & Jum’at (6-7/09). Kegiatan tersebut dilakukan oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Drs. H. Imam Bukhori, M.S.I, beserta tim. Sedangkan untuk pendampingan ini dilaksanakan di beberapa sekolah, baik sekolah swasta maupun sekolah negeri. Diantaranya SDN 1 Jampiroso, SMPN 1 Temanggung, SMAN 2 Temanggung dan SMK Swadaya.

Ikut mendampingi secara langsung, Kasi Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kabupaten Temanggun,g Drs. H. MA Widagdo, M.Pd, beserta Pengawas PAI. Dengan melihat secara langsung bagaimana proses belajar mengajar dalam penerapan Kurikulum  2013, Kepala Bidang PAIS beserta tim bisa mengetahui kondisi dilapangan sehingga bisa mengevaluasi dan memberikan saran masukan sekaligus menerima keluhan GPAI adanya kendala-kendala yang ada berikut solusinya.

“Agar GPAI selalu meningkatkan kompetensinya dan berinovasi dalam mendidik siswa-siswi, agar siswa-siswi tidak mudah bosan, yang disebabkan guru monoton dalam penyampaian materi pembelajaran,” harap Kepala Bidang PAIS.

Meskipun ada beberapa Guru PAI yang merasa canggung saat mengajar, karena ditunggui oleh Kepala Bidang PAIS, tetapi secara umum mereka merasa senang karena bisa diberikan kesempatan untuk mendapatkan pendampingan secara langsung. Penerapan Kurikulum 2013 diharapkan bisa berjalan dengan baik diseluruh jenjang sekolah. Menurut GPAI sejak dari RPP, Program Semester, Program Tahunan, sampai pada tahap Penilaian sudah sesuai dengan regulasi yang ada. (ha-rd/sua)