Evaluasi Penyelenggaran Haji menjadi akhir tugas Khaeruddin

Semarang – Musim haji hampir sebulan telah berlalu, even besar tahunan yang tiada duanya itu merupakan hal yang banyak mendapat perhatian dari semua khalayak. Kritik, saran, tanggapan dan pujian banyak mengisi kolom-kolom media baik cetak maupun elektronik. Menjadi suatu kewajiban bagi penyelenggara even besar ini untuk melakukan koreksi dalam pelaksanaannya. Dilatarbelakangi oleh hal tersebut maka Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menggelar acara Evaluasi Penyelenggaraan Haji Embarkasi/Debarkasi Solo tahun 1435H/2014M selama 2 hari mulai 27 hingga 28 November 2014 dengan mengambil tempat di Asrama Haji Transit Semarang.

Sangat berbeda sekali dengan pelaksanaan rapat seperti biasanya yang selalu dilaksanakan di hotel, kegiatan evaluasi ini mengambil tempat di Asrama Haji Transit Semarang dalam rangka ikut mendukung edaran Sekjen terkait efektivitas dan efisiensi kerja aparatur negara pada Kementerian Agama yang salah satunya itemnya supaya tidak melaksanakan kegiatan kegiatan rapat atau sejenisnya di hotel.

Acara yang akan dihadiri secara langsung oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI Prof. Dr. Abdul Jamil MA sebagai salah satu nara sumber akan dibuka oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Seperti telah dilansir oleh beberapa media online khususnya pada portal kemenag.go.id (baca Menag Lantik Pejabat Eselon II), bahwa siang tadi telah dilaksanakan pelantikan beberapa pejabat eselon II di lingkungan Kementerian Agama oleh Menteri Agama, yang salah satunya adalah Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

Drs. H. Khaeruddin, MA yang selama ini menjabat sebagai Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, pada malam ini memohon maaf kepada para hadirin, Beliau merasa sudah tidak berhak lagi untuk berada dimimbar ini, namun karena secara resmi serah terima belum dilaksanakan maka kesempatan ini dimanfaatkan Beliau sebagai media untuk berpamitan khususnya bagi seluruh elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2014.

Dalam sambutannya Khaeruddin menyampaikan bahwa “pengganti saya sebagai Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah sudah dilantik siang tadi di Jakarta, pastinya sudah tidak asing lagi bagi para hadirin semua karena Beliau adalah Bapak Ahmadi yang beberapa waktu lalu pernah bertugas di Kanwil Kemenag Prov. Jateng ini sebagai Kepala Bagian Tata Usaha”.

“Sebelum nanti acara serah terima Kakanwil yang baru perkenankanlah di malam hari ini Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, atas segala kerja samanya dalam mensukseskan even besar ini. Dan selama prosesi penyelenggaraan ibadah haji tersebut Saya beserta keluarga selama jika terdapat hal yang kurang berkenan baik disengaja maupun tidak disengaja, Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, semoga tali silaturrahim ini senantiasa tetap utuh terjaga”, lanjut Beliau.

Pada kesempatan itu Khaeruddin juga melaporkan pelaksanaan ibadah haji bahwa “penyelenggaraan ibadah haji tahun 1435H/2014M khususnya Embarkasi/Debarkasi Adi Soemarmo Solo Jawa Tengah Alhamdulillah berjalan lancar dan sukses, sekalipun diawal pelaksanaan sempat khawatir dikarenakan antara pelunasan dengan penyelesaian visa dan paspor dalam waktu yang sangat singkat harus selesai, namun sekali lagi Alhamdulillah atas kerja keras dan kerja sama dari semua elemen penyelenggaraan ibadah haji itu semua bisa teratasi”.

“Untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, total jamaah yang diberangkatkan ke tanah suci sejumlah 26,433 jamaah sedangkan untuk jamaah yang kembali ke tanah air sejumlah 26,371 jamaah, sedang untuk jamaah yang meninggal ada 64 jamaah dengan rincian meninggal di pesawat 3 jamaah, di Arab Saudi 56 jamaah, RS Moewardi 4 jamaah dan RS Kebumen 1 jamaah, serta masih terdapat 4 jamaah yang masih dirawat di RS Arab Saudi hingga masa pemulangan berakhir, namun terakhir kita dapat informasi 1 orang sudah kembali ke tanah air dalam keadaan sehat”, Beliau memaparkan.

Ucapan terima kasih kepada seluruh elemen yang terkait dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, atas kerja keras dan kerja samanya sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing dari awal pelaksanaan masa pemberangkatan hingga akhir masa pemulangan sehingga seluruh prosesi tersebut dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya. Sekalipun masih terdapat kekurangan disana-sini itu merupakan hal yang wajar untuk sebuah perhelatan kolosal, sekalipun segala daya upaya telah dicurahkan untuk mengatasi setiap masalah ada namun tetap saja ada hal-hal yang kurang.

Mengakhiri sambutannya Khaeruddin berharap “Dengan evaluasi penyelenggaraan haji ini diharapkan dapat mendiskusikan potret pelaksanaan ibadah haji tahun 2014, mencari solusi-solusi dari setiap permasalahan yang ada baik pada masa pemberangkatan hingga masa pemulangan, sehingga evaluasi akan membawa perbaikan-perbaikan yang masiv sdan berdampak bagi pelayanan ibadah haji semakin lama semakin baik dan meningkat, (gt)