Tegal (Slawi), Berdasarkan hasil rekapitulasi penyuntikan dosis ke-1 Vaksin Sinovac terhadap peserta didik MTs Negeri 2 Tegal, diketahui bahwa dibawah komando Gerai Vaksin “PRESISI” Polres Tegal ini sukses melaksanakan 850 dosis vaksin, dengan rincian tim dari Puskesmas Slawi menyumbangkan 320 suntikan, tim RSUD Dr. Soeselo Slawi sejumlah 280 suntikan, dan yang terakhir tim dari Klinik Nurbani serta PKBI tuntas menyuntikkan 250 dosis vaksin.

Ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/09), Sekhudin selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa vaksin Covid-19 merupakan salah satu syarat untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas pada MTs Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2021-2021.

Maka pihaknya berinisiatif mengajukan permohonan vaksinasi kepada berbagai pihak yang berwenang, diantaranya kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Puskesmas Slawi, Kapolsek Slawi, dan pihak Polres Tegal.

Gayung pun bersambut, pihak Polsek Slawi melalui Gerai Vaksin “PRESISI” Polres Tegal menyanggupi untuk melaksanakan vaksinasi bagi peserta didik MTs Negeri 2 Tegal.

“Pada Sabtu (11/09) kami telah menerima informasi bahwa pihak Polsek Slawi menyanggupi untuk melaksanakan Vaksinasi bagi peserta didik kami. Mereka menjadwalkan untuk cek lapangan pada Senin (13/09) guna mengatur tata ruang yang akan digunakan untuk kegiatan vaksinasi.” Ungkap Sekhudin.

Ia menambahkan bahwa mekanisme pemberian vaksin bagi peserta didik dengan rentang usia 12-17 tahun ini dilakukan di madrasah dan dijadwalkan pada Selasa (14/09), namun tetap berkoordinasi dengan Kementerian Agama Kab. Tegal guna memudahkan pendataan di laman Emis. Selain itu, Peserta didik diminta untuk membawa Kartu Keluarga (KK) atau dokumen lain yang mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) guna dimasukkan pada aplikasi PCare BPJS Kesehatan RI.

“Untuk teknis skrining, pelaksanaan, dan observasi bagi anak usia 12-17 tahun tetap sama dengan yang usianya 18 tahun keatas. Vaksinasi sendiri menggunakan Vaksin Sinovac dengan dosis 0,5 ml sebanyak 2 kali, dan untuk pemberian vaksin dosis kedua minimal dilakukan dengan jarak atau interval 28 hari/2 minggu.” Jelasnya.

Sementara itu Hidayat Aji Kurniawan selaku wakil kepala kesiswaan sekaligus sebagai anggota panitia, melaporkan bahwa kegiatan vaksinasi di MTs Negeri 2 Tegal berjalan dengan lancar dan sukses. Ia berharap vaksinasi dosis kedua tetap berjalan dengan lancar, tertib, dan sukses.

“Alhamdulillah kegiatan pemberian vaksinasi dosis ke-1 covid-19 bagi peserta didik MTsN 2 Tegal berlangsung lancar, tertib dan sesuai dengan harapan. Semoga bisa dilanjutkan vaksinasi tahap kedua.” Tandasnya (Akb)

Tampil Sebanyak : 27