Fasilitator USAID dari Kemenag Siap Melakukan Diseminasi

Sragen – Usaid Prioritas yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia selama 4 tahun kembali mengadakan TOT (Training Of Trainer) Praktik yang Baik Modul 4 SD/MI bagi fasilitator SD/MI di Kabupaten Sragen.

TOT diselenggarakan pada 17-19 Maret 2017 di Pondok Fajar Indah Tawangmangu. Pada kegiatan ini Kankemenag Kabupaten Sragen mengirimkan 4 orang fasilitator daerah yaitu Muhammad Rosyid Ridho (Kepala MIN Saren), Hidayatul Ilmiyah (Guru MIN Patihan), Wahyuni (Kepala MI Nurul Huda Pendem) dan Iswatik. (Kepala MIM Banaran). Mereka menyatakan kesiapannya untuk melakukan diseminasi kepada guru SD/MI Se Kabupaten Sragen.

“Kami selalu siap untuk menularkan hasil TOT kepada guru guru yang ada di Sragen baik guru MI maupun SD” ujar Ida, panggilan akrab Hidayatul Ilmiyah, salah satu fasilitator.

Kegiatan Ini merupakan tindak lanjut dari TOT 1 – 3 yang telah didesiminasi kepada seluruh guru MI di Sragen melalui kegiatan Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI.

H. Irwan Junaidi, selaku Kasi Pendidikan Madrasah menegaskan akan ikut membantu memfasilitasi kegiatan para fasilitator USAID tersebut.  “Kami akan minta semua fasilitator dari madrasah menularkannya bahkan kalau perlu fasilitator dari SD juga dilibatkan” tegasnya. KKM juga harus memfasilitasi pelaksanaan diseminasi ke semua guru. “Semua guru madrasah harus menerima penularan” ujar Irwan.

Sementara itu Nurkholis, Koordinator Provinsi USAID Prioritas Jawa Tengah menyampaikan bahwa kegiatan ini telah berjalan 4 tahun sejak tahun 2012, tahun 2017 ini adalah tahun terakhir pelaksanaan kegiatan.

“Semua program akan berakhir di bulan April 2017, sebagai modul terakhir, modul 4 tidak akan dilatihkan di tingkat kabupaten, melainkan langsung dapat ditularkan di gugusnya masing-masing” kata Nurkholis. Tugas berat fasilitator adalah melanjutkan kegiatan praktek yang baik di sekolah/madrasah dengan memedomani modul yang sudah dilatihkan oleh USAID Prioritas. (ida-ira1/wul).