Fauzi Maksum : Hindari Soal Ujian Bermasalah

Kebumen – Dalam rangka menghadapi Ujian Sekolah/Madrasah Berstandar Nasional (USBN) Koordinator Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) Kebumen menggelar workshop Bedah Kisi-kisi soal yang dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Kamis (08/03). Kegiatan yang rencana akan dilaksanakan selama tiga hari ini diikuti oleh 110 guru kelas VI Madrasah Ibtidaiyah di lingkungan Kankemenag Kabupaten Kebumen.

Membuka kegiatan mewakili Kepala Kantor yang juga Ketua Pokjawas Madrasah Kabupaten Kebumen Fauzi Maksum. Dia menyampaikan agar pembuatan soal-soal ujian nanti supaya menghindari permasalahan, “Untuk pembuatan soal ujian nanti hindari hal yang berbau porno, sadisme, politik dan SARA,” ucap Fauzi. 

Menurutnya, pembuatan soal yang terhindar dari permasalahan tersebut juga akan menghantarkan Madrasah dalam menerapkan motto Madrasah Hebat Madrasah Bermartabat. “Ini bisa dilakukan dengan cara berjuang tiada henti dan bersabar tanpa batas, seperti kegiatan saat ini,” tuturnya.

Budi Asyamsyu selaku ketua panitia melalui laporannya menyampaikan bahwa salah satu tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah agar para guru Madrasah menguasai strategi dan metode yang tepat untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi USBN.

Dia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menetapi peraturan Undang-undang nomor 2 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. “Salah satu upaya untuk menjamin mutu pendidikan nasional adalah penyusunan standar penilaian pendidikan melalui ujian,” paparnya. “ Dan salah satu proses tersebut kita laksanakan dengan mengupas tuntas kisi-kisi soal USBN pada saat ini selama tiga hari kedepan,” pungkasnya.(pt/rf)