Festival Rebana dan Penandatangan Pakta Integritas Warnai Milad MAN Batang Ke-13

Batang – Senang sekali saya hadir di acara ini, teiring doa semoga MAN Batang  akan semakin dewasa dalam segala hal dan dapat menjadi mercusuar dalam penyelenggaraan pendidikan kususnya di Kabupaten Batang, demikian dikatakan Kudaifah Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang saat memberi sambutan pada kegiatan peringatan milad MAN Batang ke-13 pada Jumat, (26/10). Hadir dalam acara tersebut Kasi Pendidikan Madrasah,Pengawas Pendidikan Agama Islam, para Mantan Kepala MAN Batang, Komite madrasah, dan para pejabat di lingkungan kecamatan Batang.

Kepala MAN Batang, Asrori dalam sambutanya menyampaikan bentuk dan rangkaian acara milad MAN Batang ke-13 ini, dia mengatakan bahwa dalam memperingati milad ini MAN Batang menyelenggarakan berbagai macam kegiatan dari senin yang lalu hingga puncaknya di hari ini. Rangkaian kegiatan itu meliputi berbagai macam lomba antar siswa, pembagian sembako dan  mengadakan festival Rebana yang pesertanya dari Batang,Kendal,Semarang,Kota Pekalongan maupun dari Kabupaten Pekalongan.

“Rangkaian acara milad MAN Batang ke-13 ini, diadakan berbagai macam kegiatan dari hari senin yang lalu hingga puncaknya di hari ini, yang meliputi berbagai macam lomba antar siswa, pembagian sembako dan  mengadakan festival Rebana dimana pesertanya dari Batang,Kendal,Semarang,Kota Pekalongan maupun dari Kabupaten Pekalongan”, katanya.

Asrori juga menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada semua mantan kepala-kepala MAN Batang yang terdahulu atas kehadirannya, bahkan dia menyatakan bahwa dirinya hanya melanjutkan apa yg sudah ada hingga tercapai kondisi MAN Batang seperti saat ini.

“Saya sampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada semua mantan kepala MAN Batang yang terdahulu atas kehadirannya, saat ini saya hanya melanjutkan apa yg sudah ada atas semua prestasi yang dulu pernah dicapai, dan kini  kondisi MAN Batang dapat seperti saat ini”, lanjutnya.

Beliau juga menegaskan, bahwa selain kegiatan yang disampaian itu, saat ini atas partisipasi dan keseriusan dari seluruh guru dan ASN di MAN Batang, dilakukan penandatanganan pakta  integritas, dimana isinya adalah langkah-langkah nyata untuk memberikan pelayanan kepada siswa secara maksimal dan serius agar melahirkan siswa-siswa kedepan yang berprestasi.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Kab. Batang Kudaifah dalam sambutanya  menyatakan kegembiraannya atas acara ini, di mengatakan bahwa dengan milad ke-13 ini semoga MAN Batang dapat menjadi lebih dewasa dalam segala hal dan semoga kedepan MAN Batang dapat menjadi mercusuar penyelenggaraan pendidikan kususnya di Kabupaten Batang.

“Saya sangat senang dapat hadir di acara ini, dan dengan milad ke-13 ini semoga MAN Batang dapat menjadi lebih dewasa dalam segala hal dan semoga kedepan MAN Batang dapat menjadi mercusuar penyelenggaraan pendidikan kususnya di Kabupaten Batang”, katanya.

Kudaifah juga menyatakan bangga atas prestasi yang telah ditorehkan oleh MAN Batang di tahun ini,  dia mengatakan bahwa sekarang ini sebagaimana dikatakan Ka.Kanwi Kemenag provinsi Jawa Tengah, Kementarian Agama kini sudah sangat berbeda dengan 10  tahun yang lalu, bahkan ditahun ini Kemenag merupakan kementerian terbaik ke-2 secara nasional dibandingkan dengan kementerian-kementerian yang ada.

“Saya merasa bangga atas prestasi yang telah ditorehkan oleh MAN Batang di tahun ini, kita harus tahu sekarang ini sebagaimana dikatakan Ka.Kanwi Kemenag provinsi  Jawa Tengah, bahwa Kementarian Agama kini sudah sangat berbeda dengan 10 tahun yang lalu, bahkan ditahun ini Kemenag merupakan kementerian terbaik ke-2 secara nasional dibandingkan dengan kementerian-kementerian yang ada”, lanjutnya.

Selain itu dia juga menyoroti tentang niat baik dan komitmen dari seluruh guru dan ASN  di MAN Batang dimana disela-sela miladnya mau menandatangani sebuah keinginan yang sangat baik yang dituangkan dalam pakta integritas. Menurutnya ini  merupakan realisasi dari komitmen kementerian agama yang dapat di wujudkan juga di MAN Batang. Dia mengatakan mudah-mudahan dengan momenum milad ke-13 dan penanda tanganan pakta integritas ini, kedepan kemenag dan semua anak didik dibawah asuhan kemenag akan benar-benar dapat mewujudkan suatu generasi penerus yang berkwalitas baik dari sisi saintifik maupun dari sisi akhlakul karimah.

“Sebuah komitmen yang patut dibanggakan dimana realisasi dari komitmen kementerian agama dapat di wujudkan juga di MAN Batang yaitu adanya penanda tanganan pakta integritas ini mudah-mudahan dengan momenum milad ke-13 dan penanda tanganan pakta integritas ini, kedepan kemenag dan semua anak didik dibawah asuhan kemenag akan benar-benar dapat mewujudkan suatu generasi penerus yang berkwalitas baik dari sisi saintifik maupun dari sisi akhlakul karimah”, tegasnya.

Pada bagian akhir sambutan Kudaifah mengatakan bahwa semua yang telah dan akan diwujudkan dapat tercapai bila dalam kerja kita selalu menggunakan 5 budaya kerja yaitu integritas, profesionalitas, inovasi,  tanggung jawab dan keteladanan. Dengan 5 hal yang dijadikan roh bagi jajaran kementerian Agama itu maka saat ini kemenag dapat sampai pada level ke-2 dan akan merangkak menuju ke level tertinggi di jajaran kementerian Indonesia. (Zy/rf)