FKUB Ajak Pemuka Agama Jaga Ketertiban Pemilihan Pertinggi Desa

Jepara – Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten bersama Kepolisian Resor Jepara dan Kementerian Agama Kabupaten Jepara menyelenggarakan Kegiatan Jagong Bareng FKUB bersama Satbinmas Polres Jeparadi Aula 2 Kemenag Jepara, Selasa (13/11).

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua FKUB Jepara yang juga sekaligus menjabat sebagai ketua MUI Jepara, Dr. Mashudi, M.Ag. Kasatbinmas Polres Jepara, AKP Hadi Suprastowo, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Nor Rosyid, pemuka agama dari seluruh kabupaten Jepara, serta ormas Islam yakni, NU, Muhammadiyah, LDII, Syiah, dll.

Mengawali acara, Kasatbinmas Polres Jepara, AKP Hadi Suprastowo menyampaikan kondisi keamanan akhir tahun di kabupaten Jepara dimana bertepatan akan diselenggarakannya pemilihan petinggi desa serentak di kabupaten Jepara.

“kami sampaikan bahwa mulai akhir tahun ini hingga tahun depan akan ada pemilihan petinggi desa dari seluruh kabupaten Jepara yang berjumlah 68 desa” ujarnya.

Pihak kepolisian melihat bahwa kondisi keamanan pada pemilihan petinggi desa lebih rawan ketimbang pemilihan pemimpin yang lain.

“hal ini disebabkan karena wilayah pemilihan yang hanya seputaran desa dan saling dekatnya antar pesaing, maka akan mudah ganguan keamanan ini bisa terjadi” tutur AKP Hadi.

Untuk itu dari pihak kepolisian mengajak para pemuka agama yang bernaung dalam FKUB Jepara untuk ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban menjelang tibanya hari pemilihan tersebut.

Kepolisian Resor Jepara terus melakukan pendekatan kepada masyarakat demi mencegah potensi ganguan ketertiban yang bisa saja muncul kapan saja dan dimana saja.

Isu yang paling menonjol akhir-akhir ini adalah isu penculikan. Namun kebanyakan isu tersebut adalah hoax atau tidak benar.

Sebagai penutup, AKP Hadi, mengajak semua elemen masyarakat khususnya pemuka agama supaya mau mendorong pemeluk agamanya supaya sadar aturan. Harapannya supaya masyarakat itu sendiri mampu menjadi agen kamtibmas di masing-masing wilayahnya. (fmbd)