FKUB Jateng Gelar Sarasehan Percepat Moderasi Beragama

Kudus – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Tengah menggelar sarasehan guna mempercepat terwujudnya Moderasi Beragama di seluruh wilayah Jawa Tengah . Perhelatan dengan tema Pemberdayaan Potensi Daerah dan Percepatan Moderasi Beragama untuk  Indonesia Tangguh dan Tumbuh diselenggarakan bersama FKUB se Eks Karesidenan Pati bertempat di IAIN Kudus yang diikuti sebanyak 40 peserta dengan menggunakan Prokes, (8/9/2021)

Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah, Taslim Syahlan saat membuka acara mengatakan “Acara ini merupakan rentetan roadshow yang akan diselenggarakan di 7 titik sesuai dengan pembagian per eks karesidenan di Jawa Tengah bertujuan untuk mempercepat moderasi beragama, memupuk kerukunan umat beragama , meminimalisir tindak intoleransi dan radikalisme dengan cara pemberdayaan potensi daerah masing-masing.” Jelasnya.

“Pengurus FKUB Kabupaten harus taktis dalam memanfaatkan setiap peluang yang berpotensi untuk mendukung percepatan implementasi moderasi beragama. Perbanyak bersinergi dengan lembaga, organisasi dan komunitas-komunitas masyarakat di luar FKUB yang memiliki kesamaan visi dalam mewujudkan Indonesia yang rukun, tangguh dan tumbuh.” tambahnya

Lanjut Taslim“ pemberdayaan FKUB di masing-masing kabupaten/kota berdasarkan potensi daerah ini perlu dimasifkan salah satunya dengan membentuk generasi muda FKUB setiap kabupaten/kota. Pembentukan generasi muda FKUB ini sebagai kaderasi dalam menciptakan perdamaian serta melawan radikalisme .

Beliau berpesan kepada peserta yang hadir pada forum tersebut agar pada akhir tahun 2021di semua Kabupaten/Kota sudah terbentuk kepengurusan generasi muda FKUB dan berharap FKUB Jawa Tengah bias menjadi pioneer dan percontohan bagi FKUB di seluruh Indonesia dalam pemberdayaan generasi muda.

Hadir narasumber dari Kepala Badan Kesbang pol Jawa Tengah , Haerudin dalam paparanya yang bertajuk Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Dalam Merawat Kerukunan Umat Beragama menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi berkomitmen kuat untuk memberikan dukungan kepada FKUB dalam upaya bersama merawat kerukunan umat beragama di seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah.

“Betapa pentingnya menjaga dan merawat capital sosial yang mahal ini berupa kerukunan umat beragma. Kokohnya kerukunan sebagai buah dari moderasi beragama wajib kita dukung bersama  demi Jawa Tengah dan Indonesia yang semakin tangguh dan tumbuh .” pungkasnya.

Hadir pula narasumber dari KaSubbag Ortaladan KUB Kanwil Kemenag Prov.Jateng, NurKholis dalam paparanya menyampaikan bahwa “Moderasi Beragama memang menjadi program prioritas Kementerian Agama, Oleh karena itu gagasan FKUB Provinsi Jawa Tengah menggelar sarasehan bersama dengan FKUB Kabupaten /Kota se JawaTengah sangat tepat. Langkah FKUB Jawa Tengah ini sangat tepat secara kompatibel dengan program prioritas Kementerian Agama dalam mempercepat terwujudnya Moderasi Beragama di Jawa Tengah “ ungkapnya. (St.Zul/wwk/bd).