FKUB Palembang Adakan Kunjungan ke FKUB Kota Semarang

Semarang — Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang melalui Badan Kesbangpol Kota Semarang menerima kunjungan kerja Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Palembang pada Selasa (2/11/2021).

Penerimaan ini diadakan di ruang rapat Bakesbangpol Kota Semarang.  Rombongan dari Palembang dipimpin oleh Kepala Kemenag Palembang, H. Abu Bakar. Turut menerima kunjungan ini, Kepala Kemenag Kota Semarang, Mukhlis Abdillah, Ketua FKUB Kota Semarang, KH Mustam Aji, segenap jajaran pengurus FKUB dan 6 unsur tokoh agama.

Kakankemenag mengatakan, Kota Semarang merupakan kota besar yang memiliki keberagaman tinggi, baik agama maupun budaya. “Kerukunan umat beragama di Kota Semarang tercipta dari latar belakang penduduk yang beragam agama, suku dan budaya,” kata Mukhlis.

Dikatakannya, Kerukunan ini tak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan oleh para pihak terkait. Upaya tersebut di antaranya, dialog umat beragama. Dialog ini diadakan dalam rangka mengaktifkan tatanan sosial.

“Dialog adalah upaya untuk menyamakan persepsi tentang kerukunan. Dialog tak hanya dilakukan secara tatap muka, namun juga secara online, utamanya di masa pandemi,” ujar Kakankemenag.

Upaya lainnya yaitu dengan menggerakkan peran ormas untuk turut aktif membangun kerukunan. “Untuk membangun suatu masyarakat yang harmonis di tengah keberagaman, diperlukan peran aktif semua pihak. Termasuk organisasi masyarakat dan keagamaan membangun kerukunan ini,” imbuh Kakankemenag. (syarif/nova/iq/bd)