Forum Guru Peduli Yatama MTsN 1 Pati Beri Santunan Siswa Yatim

Pati – Penasihat Forum Guru Peduli Yatama MTsN 1 Pati, Ali Musyafak menyampaikan santunan kepada para siswa yatim di ruangan kerjanya, Sabtu (2/6/2018). Kegiatan tersebut disaksikan oleh pengurus FGPY. Dalam kesempatan tersebut, Syafak menyatakan, ia sangat mengapresiasi kegiatan sosial yang digagas oleh guru-guru MTsN 1 Pati ini dengan cara langsung bergabung dalam forum tersebut begitu ia bertugas di Winong, ujarnya.

FGPY ini awalnya digagas oleh Henny Nurhasanah dan langsung didukung oleh para guru lainnya. Forum ini resmi dibentuk tahun 2017 lalu. Ide tersebut awalnya muncul saat melihat data siswa yatim yang cukup banyak, bahkan rata-rata anak-anak tersebut tinggal bersama kakek atau neneknya karena ibunya bekerja/merantau, papar Kepala MTsN 1 Pati ini.

Selain forum tersebut, guru dan pegawai MTsN 1 Pati juga mempunyai lembaga keuangan Syirkah Barakah yang setiap tahun juga memberikan santunan kepada siswa yatim dan kurang mampu. Mudarabah selama 1 tahun dari lembaga tersebut, 2,5% diperuntukkan sebagai dana sosial khususnya santunan kepada siswa yatim dan kurang mampu, tegasnya.

Ali Musyafak menyatakan bahwa kepedulian guru dan pegawai di madrasahnya terhadap anak-anak yatim sangat menginspirasi banyak pihak.“Kegiatan semacam ini harus ditingkatkan karena dalam berbagi selalu ada keberkahan, untuk itu mohon kegiatan yang sangat mulia ini dapat diistiqamahkan”, tegasnya.

Syafak juga memberikan motivasi kepada siswa yatim penerima santunan agar tetap semangat dalam belajar dan harus tetap berusaha dalam mencapai cita-cita dan masa depan yang cerah. (mj-Athi’/bd)