Gali Prestasi Siswa, MAN 2 Banjarnegara Adakan Seleksi Tes Tertulis

Banjarnegara – MAN 2 Banjarnegara melaksanakan seleksi akademik jalur prestasi dalam rangka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di laboratorium komputer, (9/6). PPDB MAN 2 Banjarnegara dilakukan dalam tiga jalur yaitu jalur prestasi akademik, jalur prestasi non akademik, jalur khusus dan jalur reguler.

Pendaftaran jalur prestasi akademik telah dilaksanakan pada tanggal 20-29 Mei 2021. Siswa yang telah mendaftar pada jalur ini akan diseleksi untuk mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tes tertulis. Seleksi administrasi dilaksanakan dengan merangking nilai rapot siswa dari semester 1-5, dan sebanyak 51 orang yang berhak mengikuti seleksi tertulis. Protokol kesehatan tetap dilaksanakan oleh peserta tes, hal ini terlihat dengan terlaksananya 3M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.  Peserta tes dibagi ke dalam dua ruangan, hal ini dilakukan agar protokol kesehatan tetap dapat dilaksanakan.

Tes tertulis dimulai pada pukul  09.15 WIB dan selesai pada pukul 10.45 WIB. Para peserta mengerjakan 50 soal yang terdiri dari 4 mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan IPA. Pengumuman hasil seleksi tes tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2021.

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah, Ridlo Pramono memberikan semangat kepada para peserta tes agar dapat melaksanakan tes seleksi tertulis sebaik mungkin.

“Semoga para peserta tes tertulis yang hadir pada pagi hari ini dapat melaksanakan tes dengan sebaik mungkin. Dapat memperoleh hasil yang baik seperti yang diinginkan. Jangan lupa untuk tetap berdoa bersemangat dan berfikir positif. Semoga kita dapat dipertemukan kembali sebagai keluarga besar MAN 2 Banjarnegara,” ungkapnya.

Sementara Sidik Wibowo selaku ketua PPDB mengungkapkan sangat bersyukur karena proses seleksi tes tertulis jalur prestasi dapat dilaksanakan dengan baik. “Saya sangat bersyukur karena kegiatan tes tertulis pada hari ini telah berjalan dengan lancar, tertib dan sesuai dengan protokol kesehatan. Diharapkan dengan adanya seleksi tes tertulis pada jalur prestasi ini madrasah akan memiliki peserta didik yang berprestasi di bidang akademik, sehingga bisa bersama-sama membangun Madrasahnya para Juara,” jelasnya.

Zahrah Nafisah salah satu peserta didik mengungkapkan kebahagiannya dapat melakukan tes tertulis. “Saya sangat senang karena bisa lolos sampai tahap tes tertulis. Harapannya saya dapat lolos tes tertulis ini. Apalagi setelah datang sendiri ke madrasah saya jadi semakin ingin bersekolah di sini karena sekolahannya luas dan nyaman,” pungkasnya. (ta/ak)