Gandeng Kemenag Surakarta, Korem 074/Warastratama Surakarta Adakan MHQ

Surakarta –  Korem 074/ Warastratama Surakarta kerja sama dengan Kemenag Kota Surakarta mengadakan Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) se Karesidenan Surakarta, di Markas Korem 074/Warastratama Surakarta, Rabu, (11/4).

“Ini dalam rangka HUT 52 Korem 074/Warastratama Surakarta. Maka, kami adakan acara rutin yang sifatnya pembinaan mental agama untuk memperkuat ketahanan rohani dan ukhuwan dengan masyarakat,” kata Kasi Personil Korem 074/Warastratama Surakarta,  Letkol Inf Eko Juniarto.

Acara MHQ ini diikuti oleh pembaca dan penghafal Quran terbaik pertama yang sudah diseleksi tingkat kabupaten dan kota.  Pada MHQ ini, mereka akan dipilih terbaik pertama, kedua dan ketiga.

“Para pemenang diberikan penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan,” terangnya. “Nantinya bagi mereka yang punya keinginan menjadi anggota TNI dengan mengikuti ujian seleksi TNI dan akan dipertimbangkan khusus,” imbuh Eko.

Ketua Panitia MHQ, Letnan Satu HM Supardi, mengatakan bahwa  MHQ ini sebagai kawah candra dimuka bagi para prajurit dan peserta dari luar prajurit TNI, adapun tujuannya agar masyarakat lebih akrab bersama TNI.

“Penilain MHQ ini menggunakan standar nasional,” ungkapnya.

Menurutnya, ada hubungan erat antara tahfiz Alquran dengan pembentukan karakter. Yakni  disiplin, tangguh, berjiwa patriot, perjuangan, dan ketaatan. Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Surakarta, Muslim Umar, yang diwakili Ketua LPTQ Kota Surakarta Charis Muanis, menyampaikan semoga kegiatan ini menjadi wasilah keberkahan bagi keamanan dan pertahanan NKRI.

“Bagi para peserta kami imbau agar meningkat menjadi peserta Musabaqoh Tasirif Quran,” terangnya.

Menurutnya, melalui ajang tersebut peserta dengan sendirinya secara otomatis menjadi da'i pencerah umat. Sehingga dapat menuju peradaban yang unggul dalam berbagai bidang kehidupan. Sebab, Alquran merupakan petunjuk dan pedoman hidup dalam berbagai dimensi. (rma/Wul)