Gandeng PLTU Tentukan Lokasi Rukyatul Hilal

Cilacap – Untuk mengatasi kendala jauhnya lokasi rukyatul hilal, delegasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Jumat (12/05) menyambangi PLTU Cilacap. Delegasi dipimpin oleh Penyelenggara Syariah Subhan Wahyudi, merembug kerja sama kegiatan rukyatul hilal dengan lokasi gedung PLTU.

Kerja sama tersebut dimaksudkan untuk mengatasi kendala berupa jarak yang cukup jauh. Sejak pertama kali digelar, kegiatan rukyatul hilal selalu bertempat di Kabupaten Kebumen. Sebagaimana tahun lalu, tempat rukyatul hilal berada di pantai Pedaleng Kecamatan Ayah Kebumen. Lokasi tersebut sangat strategis, terbukti dengan telah berhasilnya melihat hilal.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap melalui Gara Syariah, Subhan Wahyudi berusaha mengatasi masalah jarak yang cukup jauh. Disamping itu, jika Cilacap bisa memiliki lokasi yang juga strategis menurutnya akan lebih baik karena dekat.

“Kami memandang bahwa lokasi PLTU dengan gedung yang cukup tinggi bisa dimanfaatkan untuk lokasi rukyatul hilal. Karenanya kami datang untuk melakukan survei lapangan apakah lokasi ini bisa memenuhi syarat. Setelah diamati insyaallah memenuhi syarat dan ini artinya menjelang Ramadhan tahun ini lokasi rukyatul hilal bisa dekat,”kata Subhan.

Sementara itu, General Manager PLTU Cilacap, Irvan Rahmat menyambut baik niat Kemenag untuk menjadikan lokasi PLTU sebagai spot rukyatul hilal. Pihaknya juga merasa senang jika tempatnya bisa digunakan untuk kemaslahatan umat. Selain menyediakan tempat, dia juga akan membantu keperluan tim saat pelaksanaan kegiatan rukyatul hilal. (On/bd)