Gara Kristen Kemenag Pati Gelar Sosialisasi Simpatika dan Perpajakan

Pati – Penyelenggara Kristen (Gara Kristen) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Kristen Kabupaten Pati menggelar Sosialisasi Simpatika dan perpajakan di aula kantor setempat, Jum’at (4/8).

Kegiatan ini diikuti oleh 33 Orang Guru PAK tingkat SMA/SMK se kabupaten Pati. Dihadiri Gara Kristen Budi Astuti dan dua nara sumber yaitu operator simpatika Kemenag Kabupaten Pati Moh. Irham dan Bendahara Mujiono.

Gara Kristen Budi Astuti dalam arahannya berharap para peserta dapat pro aktif dalam sosialisasi ini dan dapat mengaplikasikan secara pribadi.

Operator Simpatika Kemenag, Moh. Irham menjelaskan tentang tekhnis isian aplikasi ini. Ia menyampaikan pentingnya mengetahui Simpatika ini, terlebih hal tersebut berkaitan dengan ketentuan untuk mendapatkan dan menerima Tunjangan Fungsional (Sertifikasi) bagi Guru dan Pengawas PAI.

Disini guru PAK juga dijelaskan tentang pemberlakuan system Aplikasi Simpatika yang akan dinyatakan layak menerima Tunjangan Fungsional (Sertifikasi) pada Tahun 2017.

Irham menambahkan, sebelum SKBK dan SKMT di terbitkan melalui digital aplikasi simpatika harus memperhatikan verifikasi kelayakan. Calon penerima Tunjangan Fungsional ( sertifikasi ) adalah : 1. Beban Mengajar minimal 24 JMT 2. Rasio siswa guru. 3. Masa Kerja 4. Golongan 5. Gaji Pokok, 6. Ijazah 7. Selain persyaratan Manual yang diberlakukan, paparnya.

Sementara itu, Bendahara Kankemenag Kabupaten Pati Mujiono menjelaskan tentang aturan perpajakan terbaru terutama Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPn) serta meningkatkan pemahaman dan kepatuhan akan perpajakan. Tata cara penyampaian SPT Tahunan melalui e-filling juga dibahas termasuk Sistem Penerimaan Negara atau disebut e-SPN. (Athi’/bd)