Gara Syariah Pati Kembali Ukur Arah Kiblat Masjid

Pati – Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, yang dalam hal ini diwakili oleh Ahmad Aksin yang merupakan Kepala KUA Kecamatan Gembong, memimpin pelaksanaan pengukuran arah kiblat Masjid Baiturrahim Perumnas Winong Kecamatan Pati, Selasa (9/4)

Masjid Baiturrahim Perumnas Winong Kecamatan Pati merupakan masjid yang baru selesai proses pembangunannya sehingga tim dari Kementerian Agama Kabupaten Pati selain melaksanakan pengukuran arah kiblat juga melakukan pendataan masjid.

Aksin mengungkapkan bahwa pelaksanaan pengukuran arah kiblat ini sangat penting untuk segera dilakukan agar jamaah masjid Baiturrahim Perumnas Winong Kecamatan Pati dapat beribadah dengan arah kiblat yang benar.

“Pengukuran ini dalam rangka optimalisasi peran Penyelenggara Syariah untuk masyarakat muslim Kabupaten Pati dapat beribadah sesuai syariah Islam. Di mana arah kiblat ini sangat penting karena menghadap kiblat merupakan syarat sah sholat,” ujar Aksin.

Hasil dari pengukuran arah kiblat di Masjid Baiturrahim Perumnas Winong Kecamatan Pati menunjukkan kiblat sebelumnya lebih 9 derajat, lebih ke arah barat laut. Setelah mendapatkan arah kiblat yang tepat, tim dari Kementerian Agama Kabupaten Pati melakukan pendataan Masjid. Data masjid diperlukan agar Pemerintah bisa mengetahui keberadaan masjid sebagai rumah ibadah, kebutuhan yang diperlukan, pembinaan yang tepat, serta mengetahui semua permasalahan yang terkait dengan masjid. Selain itu pendataan masjid ini penting sebagai bahan laporan, dalam hal ini Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI sudah membuat form database masjid dan musholla.

Untuk kedepannya masyarakat akan lebih memperhatikan hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan syariat Islam. Masyarakat Kabupaten Pati yang mayoritas muslim membutuhkan dukungan pemerintah untuk bisa menjadikan syariah Islam sepenuhya jalan hidup. “Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati dalam hal ini Penyelenggara Syariah siap mengoptimalkan perannya,” tegas Aksin. (Am/Wul)