Gebyar Muharram KKRA Tanamkan Cinta Agama dan Tanah Air Sejak Dini

Pemalang – Umat Islam khususnya di Indonesia, baru saja melewati masa pergantian tahun Hijriyah tepat pada tanggal 1 Muharram yang jatuh pada hari Kamis, (21/09) kemarin. Banyak cara dilakukan oleh umat guna memeriahkan datangnya tahun baru Islam yang ke-1439. Begitu pula dengan Kelompok Kerja Raudhatul Athfal (KKRA) Al Amanah yang mengadakan kegiatan gebyar Muharram sebagai bagian peringatan tahun baru Islam.

Bertempat di Bumi Perkemahan Sikucing Banyumudal Kecamatan Moga, Sabtu (23/9) KKRA Al Amanah yang meliputi empat kecamatan yaitu Randudongkal, Moga, Warungpring, dan Pulosari mengadakan trilomba seni. Seni yang dilombakan meliputi lomba mewarnai, hafalan hadits, dan menyanyikan lagu nasional.

Kegiatan diikuti oleh 729 siswa RA yang didampingi oleh 50 guru RA dari 19 RA di wilayah tersebut. Turut hadir Pengawas RA yaitu Nahdiyin, Khuzaemah, dan Tusiyati. Saat menyampaikan laporan kegiatan pada acara pembukaan, Megayanti selaku ketua KKRA menyampaikan gebyar Muharram dalam rangka menanamkan jiwa cinta agama dan tanah air kepada siswa RA.

“Melalui kegiatan ini mari kita tanamkan jiwa cinta agama dan cinta tanah air secara dini kepada siswa RA. Kegiatan ini juga bertujuan agar RA semakin dikenal dan diakui keberadaannya di mata masyatakat,” terang Megayanti.

Mewakili Pengawas RA, Nahdiyin dalam sambutannya mengingatkan untuk memeriahkan tahun baru Islam dengan kegiatan keagamaan.

“Kegiatan tahun baru Hijriyah harus kita ramaikan dengan kegiatan positif keagaaman. Jangan seperti tahun baru Masehi diramaikan dengan hura-hura. Maka tahun baru Hijriyah harus kita kenalkan kepada masyarakat seperti kegiatan ini,” ujar Nahdiyin.

Acara dibuka dengan ditandai pelepasan rangkaian balon oleh Nahdiyin. Para siswa RA begitu ceria mengikuti jalannya lomba. Setelah dinilai oleh dewan juri, diperoleh para pemenang dari masing-masing lomba.

Juara pertama lomba menyanyikan lagu nasional disabet oleh Kasih Putri Maharani dari RA Miftahul Afkar Karangpoh. Lomba hafalan hadits putra dimenangkan oleh M. Ikmal Arzaki (RA Khalimatussadiyah Sima) dan Zaida Yumna (RA Dewi Masyithoh Banyumudal) pada kategori putri. Sementara juara pertama lomba mewarnai disabet oleh Muhamad Lukman Hakim siswa RA Attoyibah Banyumudal. (tus/fi/rf)