Gedung baru diharap tingkatkan etos kerja pegawai KUA

Karanganyar – Sebelum diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 28 Januari 2016 mendatang, Kakankemenag Kabupaten Karanganyar beserta jajarannya mengadakan soft launching pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji/KUA Kecamatan Jumantono.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jum’at, (22/01) tersebut memang diperuntukkan untuk memperkenalkan KUA Jumantono kepada pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar dan masyarakat sekitar. Selain seluruh pegawai, turut hadir Camat, Kapolsek, Danramil, tujuh belas Kepala KUA serta tokoh masyarakat di Kecamatan Jumantono sebagai tamu undangan.

Sebelum menandatangani prasasti, Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, Musta’in Ahmad melalui panitia pembangunannya mengatakan bahwa tujuan diadakan pembangunan Gedung KUA adalah untuk meningkatkan pelayanan nikah dan manasik haji terhadap masyarakat, memaksimalkan pembinaan pendidikan agama di tingkat kecamatan dan meningkatkan etos kerja aparatatur sipil negara.

Musta’in mengatakan bahwa Kementerian Agama sekarang sudah bersungguh-sungguh melakukan perbaikan kinerja dan pelayanan di KUA. “Kami mohon doa restu dari Bapak-bapak Muspika dan Tokoh Masyarakat agar Kementerian Agama dapat menjalankan tekadnya dengan baik, yaitu memperbaiki kinerja dan memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat, oleh karenanya tagline kita pada HAB ke 70 ini adalah Bersih dan Melayani,” ucap Musta’in.

Selanjutnya Kakankemenag menjelaskan terkait sumber dana pembangunan gedung balai nikah dan manasik haji/KUA Jumantono yang berasal dari SBSN (Surat Berharga Syariah Negara). Bahwa Pemerintah dalam membangun gedung KUA tersebut meminjam kepada umat Islam melalui SBSN yang berasal dari dana haji, bukan menggunakan dana APBN.

Untuk tahun 2016 ini, Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar kembali mendapatkan alokasi dana SBSN untuk pembangunan gedung balai nikah dan manasik haji / KUA di Kecamatan Kerjo. Proses pra pembangunan gedung KUA sudah dipersiapkan jauh-jauh sebelumnya agar saat pelaksanaan dapat berjalan dengan baik. (Hd/gt)