Gelar Bimbingan Teknis Demi Suksesnya UNBK 2018

Slawi – Dalam rangka mensukseskan kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2017/2018, Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MTs Kabupaten Tegal menggelar Bimbingan Teknis UNBK bagi 18 MTs se-Kabupaten Tegal yang bersedia mengikuti UNBK Tahun 2018.

Kegiatan yang digelar  (16 s/d17) ini, bertempat di laboratorium komputer 2 MTs Negeri Slawi, diikuti oleh 36 peserta, 18 diantaranya proktor dan 18 lainnya merupakan teknisi.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala MTs N Slawi Mohammad Suaedi didampingi Wakil Kepala Kurikulum, Pengawas Madrasah Ngadiman, Ketua KKM MTs Kabupaten Tegal Khosiin, dan Sekretaris II KKM MTs Kabupaten Tegal Nurokhim.

Salah satu tujuan digelarnya kegiatan tersebut, adalah untuk berbagi pengalaman dari 4 madrasah di Kabupaten Tegal yang telah mengikuti UNBK pada tahun 2017. “Hari ini kita akan sharing bersama, dengan teman-teman yang berempat. Kira-kira pola yang akan dihadapi nanti bagaimana, terutama bagi teman-teman yang baru mengikuti UNBK,” ucap Suaedi dalam sambutannya.

Berkaitan dengan bimbingan teknis tersebut, terdapat salah satu guru MTs N slawi yang telah mengikuti diklat proktor yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, bertempat di Kampus Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementerian Agama, Ciputat, Tangerang,  18-25 Oktober 2017 yang lalu.

“Dari kami juga kebetulan ada pak Imam Mudin, yang baru mengikuti diklat proktor yang diselenggarakan selama 8 hari. Insya Allah pengalaman-pengalaman beliau bisa disampaikan dalam forum ini,” tambah Suaedi.

Sementara itu, Ketua KKM MTs Kabupaten Tegal, Khosiin yang juga merupakan Kepala MTs Nurul Ulum Jembayat menambahkan, dengan kehadiran seluruh peserta, menandakan bahwa ke-18 madrasah telah siap menggelar UNBK pada tahun 2018. “Bahwa dengan tanda-tanda kepala madrasahnya panjenengan yang hadir disini mengirimkan panjenengan, berarti sudah ada keberanian, dan sudah ada langkah untuk melaksanakan UNBK,” ungkap Khosiin.

Untuk diketahui, dari 76 MTs se-Kabupaten Tegal, baik negeri maupun swasta, yang bersedia mengikuti UNBK, hanya 18 madrasah. Dengan rinciannya, 4 madrasah telah mengikuti UNBK pada tahun 2017, dan sisanya sebanyak 14 madrasah baru akan melaksanakan UNBK pada tahun 2018 ini. (akb/gap/rf)