Gelar Simulasi, MTsN Jatinom Siap Sukseskan UNBK 2018

Klaten-Menjelang UNBK 2018 MTsN Jatinom Klaten menggelar simulasi UNBK yang dilakukan mulai 14-15 Pebruari 2017 selama dua hari. Sebanyak 300 peserta didik kelas IX terlihat sangat antusias mengikuti simulasi pada hari pertama digelar,Rabu(14/2).

Menurut Kepala MTsN Jatinom Sunyata saat ditemui humas mengatakan, kegiatan simulasi ini terjadi beberapa kendala baik teknis maupun non teknis, tetapi secara keseluruhan dihari pertama simulasi berjalan sukses dan tak ada hambatan yang berarti.

Kendala kecil yang terjadi hanya karena siswa masih pertama melihat tampilan ujian berbasis computer sehingga belum terbiasa. Namun hal ini dimaklumi karena siswa belum terbiasa dengan ujian menggunakan komputer. Secara umum Simulasi saat ini berjalan sukses berkat kerjasama tim yang solid.

UNBK merupakan sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

"Kami gelar simulasi ini untuk melatih siswa agar terbiasa dalam mengerjakan ujian dengan menggunakan perangkat multimedia," tandas Sunyata.

Meskipun simulasi, ia memastikan seluruh jawaban soal yang dikerjakan siswa tetap akan dinilai.

"Hasil pelaksanaan simulasi UNBK berikut nilainya akan dijadikan bahan evaluasi sekolah guna meningkatkan kemampuan akademik siswa sekaligus keterampilan guru pengawas dan proktor (guru operator ujian)," katanya.

Pelatihan yang dilakukan saat ini lebih dimaksudkan untuk terus melatih siswa mengerjakan materi ujian yang disimulasikan, sehingga diharapkan tidak kaget saat UNBK resmi digelar.

Lebih lanjut Sunyata mengatakan, simulasi ini juga dilakukan agar siswa-siswi sudah terlatih dengan soal-soal latihan UNBK, sehingga siswa lebih memahami tentang cara pelaksanaan UNBK.

Lanjut Sunyata, meskipun awalnya sempat mengalami kendala, karena minimnya fasilitas untuk UNBK, namun berkat kerja keras seluruh komponen madrasah, akhirnya bisa melakukan kerja sama dengan SMK Muhammadiyah II Jatinom, sehingga terselenggaralah simulasi ini.

"Kerja keras dan kerja sama seluruh elemen sekolah terutama tim UNBK pihak sekolah selalu optimis untuk menyongsong dan menyukseskan UNBK tahun 2018," tegas Kamad.(nhn_aj/wul)