Geliat World Clean Up Day MAN 1 Surakarta

Surakarta – MAN 1 Surakarta, Sabtu (15/9). Nampak segenap civitas akademika mengenakan seragam olah raga, dari guru, karyawan dan siswa. Ada apa gerangan ? Pagi itu diadakan aksi giat bersih-bersih MAN 1 Surakarta dalam rangka momen World Clean Up Day (Hari Kebersihan Dunia) yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

Aksi giat bersih-bersih diikuti oleh sekira 1800 orang dan dimulai dari pukul 07.00 hingga 09.30. Menurut wakil madrasah bidang Humas, Suharno, kegiatan hari ini merupakan bentuk partisipasi MAN 1 Surakarta dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih.

“Kami bergerak hari ini sebagai bagian dari seluruh masyarakat Indonesia, membersihkan lingkungan madrasah dan sekitarnya. Dari kegiatan ini berharap agar bisa menumbuhkan rasa peduli di kalangan warga MAN 1 Surakarta untuk aktif menjaga kebersihan,” kata Suharno.

Kegiatan diawali dengan apel pembukaan yang dipimpin oleh Slamet Budiyono selaku kepala MAN 1 Surakarta. Dalam sambutannya, Slamet Budiyono mengatakan bahwa agenda hari ini merupakan kegiatan yang diadakan serentak di seluruh Indonesia.

“Sebagai bagian dari institusi lembaga pendidikan di bawah kementerian Agama, MAN 1 Surakarta juga dengan penuh semangat menyambutnya,” kata Budiyono.

Ditambahkan oleh Budiyono, bahwa masalah kebersihan bukan sesuatu yang baru bagi umat Islam, karena sejak 14 abad yang lalu, rasulullah SAW telah mengajarkan tentang hal ini, bahwa kebersihan bagi iman. Sehingga bagi muslim, kebersihan menjadi kebutuhan yang harus dilakukan. Khusus di MAN 1 Surakarta, pernah meraih juara satu kontes robotik tingkat nasional dengan robot sampahnya, sehingga hal ini sangat relevan dengan kegiatan aksi bersih-bersih. Semoga kegiatan ini mampu menginspirasi siswa untuk menjadi pelopor kebersihan, dimulai dari bersih diri kemudian bersih lingkungan.

Aksi giat bersih-bersih MAN 1 Surakarta selain membersihkan lingkungan madrasah juga melebar dengan membersihkan lingkungan sekitar madrasah. Misalnya siswa asrama membersihkan lingkungan asramanya. Juga membersihkan jalan-jalan di sekitar asrama. Kegiatan yang sangat disambut antusias siswa ini berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 50 kg. Menurut salah satu siswa, Zahra, sangat senang dengan kegiatan ini dan antusias mengikuti.

“Hari ini sangat berkesan karena seluruh warga madrasah bisa bergotong-royong membersihkan lingkungan. Saya berharap kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan di waktu yang akan datang,” kata siswa kelas 10 IPA 3 ini. (rm_rma/bd)