Gerak Jalan Kerukunan Nasional akan Meriahkan HAB Kemenag ke-69

Rembang – Memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-69, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang akan menggelar sejumlah acara yang berlangsung dari 14 Desember sampai dengan 3 Januari 2015. Serangkaian acara tersebut yaitu, Gerak Jalan Santai, Tasyakuran, dan Upacara Bendera.

Gerak Jalan Santai akan dilaksanakan pada Minggu (14/12). Stadion Krida Rembang dipilih sebagai lokasi start dan finish. Adapun rute gerak jalan santai ini yaitu, Stadion Krida ke utara hingga perempatan Pasar Rembang, ke selatan hingga Rumah Makan Gembet, ke timur hingga Kantor Arsip Rembang, dan kembali ke utara hingga finish di Stadion Krida.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang Drs. H. Atho’illah M.Pd.I mengatakan, Jalan Santai ini dipastikan akan berlangsung semarak, karena ribuan peserta akan turut meramaikannya. Jalan Santai bertemakan ‘Kerukunan Nasional’ ini akan diikuti oleh segenap pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, penyuluh, penghulu, guru, siswa, karyawan-karyawati madrasah negeri/swasta dengan mengajak keluarganya masing-masing. Demikian pula santriwan-santriwati dari pondok pesantren dan madrasah diniyyah, dan masyarakat Rembang dari semua komponen agama dan budaya.

Jasim mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung dengan semarak, karena peserta akan diberikan doorprice yang menarik dari para sponsorship. “Setiap peserta berhak mendapatkan kupon yang telah disediakan oleh panitia, untuk diundi dan mendapatkan hadiah,” terang Jasim.

Sementara Tasyakuran akan digelar secara sederhana, di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang. Tasyakuran ini diikuti oleh segenap pegawai kantor serta para tokoh agama dan masyarakat. Ketua Panitia Drs. Jasim, M.Pd.I mengatakan, Kegiatan yang diselenggarakan sebagai wujud untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT ini akan digelar secara sederhana dan diisi dengan takhtimul qur’an serta doa bersama.

Sebagai puncak acara yaitu Upacara Bendera yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 januari 2015 di halaman MAN Rembang. Menurut rencana, Plt. Bupati Rembang H. Abdul Hafidz akan bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara ini akan diikuti oleh sekitar seribu peserta yang terdiri dari seluruh PNS, guru, siswa, tokoh-tokoh agama, dan beberapa lembaga yang berafiliasi kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang.

“Upacara ini merupakan puncak acara dari seluruh kegiatan HAB. Kami berharap kegiatan ini akan berlangsung khidmat,” ujar Jasim.

Partisipasi Aktif

Dalam rapat panitia yang diadakan kemarin (4/12), Jasim meminta kepada segenap panitia HAB untuk melaksanakan tugas dengan baik demi kelancaran kegiatan. Kendati tidak mendapatkan honor, panitia harus bertugas secara ikhlas demi institusi. Beliau juga meminta kepada KUA dan satker untuk berpartispasi aktif menyukseskan penyelenggaraan kegiatan HAB. “Partisipasi aktif ini adalah sebagai wujud kebanggaan dan integritas kita kepada institusi Kemenag,” pungkasnya.—Shofatus Shodiqoh