Gerakan Subuh Berjamaah, Upaya Membangun Umat

Klaten – Plt Bupati Klaten Sri Mulyani mencanangkan gerakan shalat subuh berjamaah, yang diawali di Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Ahad (2/4), yang dihadiri masyarakat Klaten, sejumlah unsur Muspida di lingkungan pemkab Klaten, Kasi Bimas Islam, seluruh Kepala KUA se Kab. Klaten.

Dalam sambutanya Plt. Bupati Klaten mengemukakan, dengan gerakan subuh berjamaah tersebut bukan hanya untuk meningkatkan amalan ibadah umat Islam, melainkan juga untuk mempererat silaturahim. Selain itu, mengajak generasi muda untuk mensukseskan gerakan subuh berjamaah tersebut. Tidak hanya persoalan ibadah untuk akherat, tetapi dengan salat subuh berjamaah akan membentuk generasi muda yang memiliki disiplin tinggi.

Masjid jangan hanya dipenuhi oleh generasi tua saja, anak-anak muda mari bangkit. Bangun pagi shalat subuh terus berkarya.

“Jika generasi mudanya disiplin bangun pagi salat berjamaah Insya Allah akan terbentuk serta membangun umat bagi generasi yang tangguh,” kata Sri Mulyani.

Banyak hal yang bisa dibangun dari shalat subuh berjamaah. Di antaranya, berdisplin soal waktu, belajar tugas dan tanggung jawab, bersilaturahim dan belajar bagaimana bersikap. Tapi, point penting dari shalat subuh berjamaah ini adalah keteladanan.

Usai Melakukan Solat Subuh berjemaah, Kasi Bimas Islam Kemenag Klaten M Yusuf menyatakan, motivasi dirinya dalam melakukan gerakan shalat subuh dalam rangka pembangunan umat yang lebih baik. Menurutnya, sebagai pemimpin umat islam, Rasululluah SAW dahulu kerap menjadikan shalat subuh untuk menjalin hubungan dengan masyarakat sehingga tercipta ikatan emosional lebih kuat antara pemimpin dengan masyarakat.

“Kementerian Agama Kabupaten Klaten menyambut baik gerakan ini, kami akan bersinergi dan bersosialisasi dengan KUA di tiap-tiap kecamatan untuk menyosialisasikan dan menyukseskan gerakan shalat subuh berjamaah”,jelas Yusuf.

Yusuf menambahkan, shalat subuh merupakan shalat yang paling di anjurkan oleh Allah SWT untuk di lakukan secara berjemaah. Pasalnya sholat subuh merupakan solat yang paling berat di lakukan secara berjamaah. Namun di balik semua itu, solat subuh ternyata memiliki beberapa keutamaan, seperti bisa memperkuat persatauan dan kesatuan, membuka rezeki dan masih banyak lagi keutamaan solat subuh berjemaah ini.

Yusuf yakin, pembiasaan shalat berjamaah pada remaja pun akan berdampak positif. Karena, walaupun secara empirik data di lapangan belum ada penelitian tapi ini bisa membuat anak menjadi tangguh. Sehingga, bisa ikut menekan  kenakalan remaja dan narkoba.

Dengan pelaksanaan shalat subuh berjemaah yang akan terus digalakan, semua umat muslim di Kabupaten Klaten dapat menjadi umat yang terbangun nilai spiritualnya.(nardi_aj/wul)