Giatkan Aksi Kemanusiaan, MAN 1 Cilacap Adakan Donor Darah

Cilacap- Untuk menggiatkan aksi kemanusiaan dan jiwa tolong menolong, segenap keluaraga besar MAN 1 Cilacap mengadakan aksi donor darah.  Donor darah dengan melibatkan tenaga pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dan masyarakat umum.  Kegiatan yang berlangsung di ruang multimedia pada Senin (18/02) merupakan rangkaian dari 49 Tahun MAN 1 Cilacap yang jatuh pada tanggal 7 Juli 2019.

Agenda yang diadakan secara rutin setiap tahunnya bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap mendapat sambutan antusias dari peserta. Hal ini terlihat dari banyaknya pendaftar, yakni mencapai sebanyak 118 peserta.

Eny Nurhidayah, selaku pembina PMR Wira MAN 1 Cilacap mengatakan bahwa dari 118 orang bisa dikumpulkan hasil donor darah sebanyak 63 kantong yang terdiri atas 13 tenaga pendidik, tenaga kependidikan dua orang, empat orang peserta umum dan dari siswa yang memenuhi syarat sebanyak 44.

Respon positif dari masyarakat juga tidak lepas dari iklan yang di bagikan di media sosial Face Book.  Dengan begitu baik masyarakat umum, alumni maupun wali siswa mau terlibat. Secara keseluruhan, tahun ini ada peningkatan signifikan dibanding dengan tahun lalu.

“Kami perlu bersyukur tahun ini terdapat peningkatan. Hingga kegiatan selesai terkumpul 63 kantong, yakni sembilan kantong lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya memperoleh 54 kantong.  Karena terbentur persyaratan mengakibatkan banyak pedonor yang gagal. Meskipun begitu kami merasa senang dapat melaksanakan kegiatan sosial kemanusiaan,”pungkasnya.

Dia berharap kegiatan serupa tidak hanya akan dilaksanakan di madrasah saja, melainkan dapat digelar di tempat dan pada acara yang berbeda pula. Sehingga kiprah PMR Wira MAN 1 Cilacap akan betul-betul mampu mendarma baktikan hidupnya untuk kemaslahatan umat. (Agus eS)