Gladi Bersih Tahun 2021 di MTs N 1 Pekalongan

Kab.Pekalongan – Siswa MTs. Negeri 1 Pekalongan mengikuti Gladi Bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 Rabu – Kamis (15-16/09/2021) dengan menggunakan moda semi online.

Pada gladi bersih ANBK kali ini diikuti oleh 45 orang siswa yang terpilih langsung dari pusat penentuan peserta asesmen nasional tahun 2021, yaitu perwakilan dari kelas 8 . Kegiatan tersebut terbagi menjadi dua ruangan yaitu di laboratorium bahasa  didampingi proktor Mila Majdina dan teknisi Amir Hamzah, sementara yang di laboratorium komputer didampingi oleh proktor Maria Ulfa dan teknisi Teguh Cipto Yuwono

“Kegiatan gladi tersebut difokuskan pada pengenalan aplikasi ANBK kepada seluruh peserta serta pengujian perangkat server, “ demikian dikatakan salah satu teknisi madrasah, Teguh Cipto Yuwono.

“Gladi bersih ini bermaksud untuk menguji coba sistem asesmen nasional oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran (PUSMENJAR) dan belum diwajibkan melibatkan seluruh siswa peserta asesmen nasional yang terpilih sebanyak 45 orang peserta utama dan 5 orang peserta cadangan yang semuanya adalah siswa kelas 8 tahun pelajaran 2021/2022.” Teguh Cipto menambahkan.

Sementara itu Eni Muhanah selaku Waka Kurikulum menyampaikan harapan, “Semoga ketika pelaksanan ANBK tanggal 6-7 Oktober dapat berlangsung lancar, siswa sudah terbiasa menggunakan komputer dan bisa sukses memberikan gambaran madrasah kita.” harapnya.

“Hasil ANBK merupakan potret sekolah/madrasah. Jadi yg dinilai di ANBK adalah mutu sekolah/madrasah bukan nilai personil siswa,” demikian Eni Muhanah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum memberikan keterangan terkait dengan diselenggarakannya gladi ANBK ini.

Pelaksanaan gladi bersih dimulai pada pukul 07.30WIB sampai dengan selesai. Secara teknis pelaksanaan simulasi tersebut selama 120 menit dengan menempuh subtes 1 adalah Latihan (20 menit), subtes 2 adalah Literasi (90 menit), dan subtes 3 adalah Angket (10 menit) yang memiliki banyak model pertanyaan, misalnya model pilihan ganda, menjodohkan kompleks, isian singkat, dan uraian.

Dengan melakukan gladi bersih ANBK  ini diharapkan dapat menghasilkan informasi yang pasti yang dapat digunakan untuk mengevaluasi atau memperbaiki kualitas belajar mengajar pada suatu lembaga pendidikan dasar dan menengah. Semoga Gladi ANBK hari kedua besok kembali berjalan dengan sukses dan lancar (Us-Iy/Ant).