Gladianpinru MTsN 1 Klaten, Bentuk Pimpinan Yang Tangguh dan Ulet

Klaten – MTsN 1 Klaten menggelar Gladianpinru (Gladian Pimpinan Regu)  Gudep T.26.047 MTsN 1 Klaten dilaksanakan selama dua hari dari 25-26 Desember 2018 yang bertempat di halaman MTsN 1 Klaten dengan peserta pimpinan regu dan calon pimpinan regu dari kelas 7,8 dan 9,(26/12).

Kepala MTsN 1 Klaten Nurul Qomariyah mengatakan, kegiatan ini  sangat baik sekali  dalam memberikan bekal kepada pengurus pemimpin regu tentang cara memimpin, berorganisasi, bekerjasama sehingga terbentuk pemimpin yang tangguh, ulet, berkepribadian serta berakhlak mulia.

“Sebagai satu-satunya kegiataan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada sikap yang baik,” tandas Nurul.

Sikap yang baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran dan perbuatan, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan segala sikap yang lain. Singkat kata, diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.

Selain itu, melalui pendidikan kepramukaan ini dapat dilakukan pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila, pendidikan pendahuluan bela negara, kepribadian dan budi pekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan, kesegaran jasmani dan daya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasi seni.

Hal senada disampaikan ketua panitia dan sekaligus dewan penggalang Sriyanto, tujuan kegiatan Gladian Pimpinan Regu merupakan upaya regenerasi pimpinan regu gudep T.26.047 MTsN 1 Klaten juga merupakan pembekalan bagi pimpinan regu maupun calon regu agar siap memegang estafet kepimpinan penggalang di MTs N 1 Klaten.

“Membekali materi kepramukaan kepada pimpinan regu dan dewan penggalang agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang lebih dibanding anggota pramuka yang lain, sehingga lebih siap mendampingi adik-adiknya saat latihan pramuka,” tutur Sriyanto.

Sebagai satu-satunya kegiataan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada sikap yang baik.

“Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di sekolah, karena dengan pendidikan kepramukaan dapat menumbuhkan sifat kemandirian dalam penguatan pendidikan karakter,” imbuhnya.(aj/wul)