Gondangrejo Juara Umum MTQ Tingkat Kabupaten Karanganyar

Karanganyar – Pagelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar dan Umum tingkat Kabupaten Karanganyar memunculkan Kecamatan Gondangrejo sebagai juara umum, disusul Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Karangpandan. Ajang pencarian bakat seni baca Al Quran yang dilaksanakan di SMPN 5 Karanganyar ini diikuti 509 peserta dari 17 kecamatandi Kabupaten Karanganyar, Rabu (06/09).

Bupati Karanganyar, Juliyatmono yang memberikan sambutan dalam upacara pembukaan MTQ tingkat kabupaten berpesan agar masyarakat meningkatkan kualitas interaksinya dengan Al Quran, yaitu dengan membaca dan memahaminya.

“Mari tingkatkan pemahaman Al Qur’an kita dengan membaca terjemahannya. Itu tidak lama, paling setengah jam kita sudah bisa membaca terjemahan Al Qur’an sebanyak satu juz”, kata Bupati yang juga terkenal sebagai mubaligh terkenal di Karanganyar.

Lebih lanjut Juliyatmono mengatakan kemajuan teknologi informasi saat ini dapat digunakan oleh masyarakat untuk hal yang positif, salah satunya adalah dengan menanamkan aplikasi Al Quran pada smartphone yang dimiliki, sehingga dapat membacanya kapan saja.

Di akhir sambutannya, Bupati Karanganyar berharap agar kedepan dapat muncul juara-juara MTQ dari Kabupaten Karanganyar, baik itu juara tingkat provinsi maupun di tingkat nasional. “Nanti kalau dapat juara tingkat provinsi dan nasional, Pemkab akan memberikan penghargaan lagi”, tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag, Musta’in Ahmad mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan MTQ dan MHQ tersebut, ada 16 cabang yang dilombakan, beberapa diantaranya adalah tilawah, tartil, tahfid tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA, serta tafsir Al Quran.

 “Selain menyiapkan untuk mengikuti lomba tingkat provinsi, sertifikat atau piagam yang kami berikan di tingkat Kabupaten ini nanti akan dapat mendongkrak masuk ke sekolah favorit”, jelas Musta’in.

Untuk peserta yang nanti meraih juara dan berhasil lolos di tingkat Kabupaten, Pemkab bakal mempersiapkan para pemenang untuk menigkuti pelaksanaan MTQ dan MHQ tingkat Jateng. Rencananya kegiatan tersebut bakal di gelar di Kabupaten Magelang dan Asrama Donohudan. (ida-hd/Wul)