Gudep MTsN 4 Banjarnegara Gelar Persari

Banjarnegara – Gugus Depan MTsN 4 Banjarnegara Sabtu (13/11/2021) mengadakan perkemahan satu hari atau Persari, bertempat di halaman utama MTsN 4 Banjarnegara. Persari diikuti oleh kurang lebih 150-an siswa yang terdiri dari siswa kelas tujuh, delapan, dan sembilan. Persari diadakan dalam rangka penerimaan anggota baru pramuka dari Penggalang Ramu ke Penggalang Rakit, sekaligus pelantikan Calon Dewan Penggalang (CDP).

Acara perkemahan satu hari atau Persari diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh pembina upacara yaitu Halimatus Sa’diyah selaku pembina pramuka. Dalam sambutannya, Halimatus Sa’diyah mengatakan bahwa tujuan diadakannya perkemahan tersebut adalah untuk membina mental para anggota pramuka agar menjadi pribadi yang mandiri  dan tangguh sebagai bekal dalam kehidupan di masa mendatang sebagai anggota masyarakat. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pembentukan mental generasi muda yang mandiri, kreatif, dan inovatif.

“Kegiatan ini memang diadakan selain sebagai ritual penerimaan anggota baru juga untuk menanamkan rasa cinta kepada tanah air, membina mental anggota pramuka, menanamkan disiplin, menumbuhkan kemandirian, serta  melatih berbagai keterampilan yang bermanfaat dalam kehidupan,” jelas Halimatus Sa’diyah.

Setelah upacara pembukaan dilanjutkan serangkaian acara berikutnya yaitu  lomba baris berbaris, lomba pentas seni untuk peserta dan Calon Dewan Penggalang, bersih lingkungan, dan diakhiri dengan upacara penutupan sekaligus pelantikan Dewan Penggalang.

Dalam kesempatan terpisah, kepala madrasah, Sidik Wibowo Akhmad, juga mengapresiasi kegiatan ini sebagai kegiatan yang sangat positif. Senada dengan pembina pramuka, kepala madrasah juga menyampaikan bahwa anggota pramuka harus mengemban amanat dalam Dasa Dharma agar menjadi manusia yang kreatif dan maju serta bisa mandiri, sehingga kelak siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, patriot dan pejuang yang tangguh, serta menjadi calon pemimpin bangsa yang handal.

“Saya sangat mengapresiasi dengan gelaran acara ini karena bernilai positif sebagai ajang melatih siswa menjadi manusia yang disiplin, suka bekerja keras, dan mandiri,serta siap menjadi pemimpin masa depan yang handal,” pungkasnya.

Gelaran acara Persari terlaksana dengan lancar walaupun cuaca kurang mendukung karena mendung dan gerimis, namun demikian peserta tetap semangat dan antusias mengikuti acara dari awal sampai akhir. Karena penyelenggaraan ini masih dalam masa pandemi, protokol kesehatan tetap diterapkan sesuai anjuran pemerintah dalam memutus penyebaran covid-19. (Khm/ak/rf)