Guru Dan Karyawan MIN 1 Temanggung Ikuti Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas

Temanggung – MIN 1 Temanggung melaksanakan sosialisasi pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di MIN 1 Temanggung yang dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan MIN 1 Temanggung, Sabtu (9/10).

Pembangunan ZI merupakan suatu program Kementerian Agama dalam upaya menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih  dan Melayani. Pencanangan Zona Integritas ini dilakukan berdasarkan Permen PAN dan RB No.10  Tahun 2019 menyebutkan ZI adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK / WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kepala Subbag TU, H. Agus Latif selaku Ketua TIM Pembangunan Zona integritas menyampaikan pentingnya komitmen bersama, antara pimpinan seluruh GTK, siswa bahkan orangtua / wali murid dalam pembangunan Zona Integritas ini. “Komitmen bersama antar pimpinan, GTK, siswa, orang tua melalui komite merupakan salah satu upaya strategi dalam membangun zona integritas, maka perlu diperkuat untuk menciptakan pelayanan masyarakat yang bebas dari korupsi,“ katanya.

Selain tu, strategi membangun zona integritas yang tak kalah penting diantaranya simplifikasi dan inovasi layanan, knowing your employee, membangun kedekatan dengan stakeholders, benchmarking dengan unit yang lolos pembangunan ZI WBK, melakukan survey mandiri serta melakukan monitoring dan evaluasi,” jelasnya.

“Lebih lanjut dikatakan Sosialisasi Pembangunan ZI ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. 6 area zona integritas yang akan dikembangkan yaitu manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas layanan publik,” pungkasnya. Sementara Kepala MIN 1 Temanggung, Junaedi menambahkan diakhir pertemuan melalui sosialisasi ini diharapkan rekan-rekan dapat memahami dan mempersiapkan pembangunan zona integritas, dengan menyiapkan data serta dokumen pendukung lainnya yang dapat dijadikan persyaratan saat penilaian tim ZI.(sr/bd)