Guru dan Tendik MTsN 3 Rembang Ikuti Survei Lingkungan Belajar

REMBANG – Seluruh guru dan tenaga kependidikan Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Rembang bersama-sama mengisi survei lingkungan belajar di ruang laboratorium komputer, pada Kamis (7/10/2021).

Seluruh Guru dan tensik MTs N 3 Rembang yang berjumlah 47 orang secara kompak mengisi survei tersebut.

Survei lingkungan belajar ini merupakan rangkaian dari ANBK yang sudah dilaksanakan. Survey ini dimaksudkan untuk mengetahui kenyamanan dan keamanan siswa dan guru dalam belajar maupun memberikan pembelajaran kepada anak didik.

“Seluruh guru maupun karyawan harus mengisi survei ingkungan belajar. Adapun jumlah soal yang dikerjakan berjumlah 62 soal dan semua harus dijawab sesuai dengan petunjuk. Salah satu tema dari pernyataan dalam survei ini adalah tentang kebhinekaan,” terangnya.

Menurut Mukhoyaroh, Iklim kebhinekaan yang baik, mampu mencerminkan penerimaan dan dukungan terhadap hak-hak semua warga sekolah. Hal ini terlepas dari latar belakang gender, sosial-ekonomi, budaya, politik, maupun kondisi fisik. “Rasa diterima dan didukung tanpa diskriminasi, menjadi prakondisi pembelajaran yang berkualitas,” imbuhnya.

Keamanan

Terpisah, Kepla MTs N 3 Rembang, Warsan menyampaikan, selain kebhinekaan, survei ini juga mengukur tentang iklim keamanan Madrasah. “Selain mengukur iklim kebhinekaan, survei kali ini juga mengukur iklim keamanan Madrasah. Rasa aman di Madrasah juga menjadi syarat bagi pembelajaran. Cakupannya meliputi indikator kejadian perundungan, penggunaan narkoba, dan kekerasan di sekolah,” ujar Warsan.

“Di luar iklim sekolah, bagian terbesar dari survei adalah berbagai aspek kualitas pembelajaran. Seperti fasilitas belajar, praktik pengajaran, refleksi guru, dan kepemimpinan instruksional kepala sekolah,” pungkasnya.–boerhan